Civic Type R 2017, Mahakarya Honda Terhadap Legenda Jalanan

Civic Type R Generasi Ke-10, Siap Menerkam Jalanan

Type R, sebuah mahakarya bagi Honda. Apalagi varian yang mendapatkan sentuhan tuning versi ini bakalan terlihat berbeda sekali. Kali ini, Civic sebagai produk yang setia dengan varian Type R sudah hadir untuk generasi ke 10. Bisa dibilang generasi ini gabungkan kedua hal yang sebenarnya tidak bisa bersatu. 

Nyaman dan kencang, begitulah kata Kepala proyek Civic Type R, Hideki Kakinuma. Dikutip dari Autocar Inggris, kedua hal ini disatukan dan hasilkan sebuah hot hatch senyaman sedan namun tampilan dan mesin ber DNA sport.  Memang menyatukan kedua hal ini sedikit sulit Karena, salah satunya harus berkorban baik nyamannya atau kencangnya tidak begitu mengasyikkan.

Memang, keputusan Honda membuat bentuk Civic dalam satu desain. Berikan kemudahan dalam mendesain mobil ini. Apalagi, varian hatchbacknya juga dipasarkan di seluruh dunia. Kali ini, Civic Typer Generasi ke 10 bisa dibilang mahakarya terbaik Honda sepanjang sejarah Civic hadir di dunia. 

Secara keseluruhan, desainnya masih adopsi civic hatchback. Tetapi, penambahan body kit yang menambah kesan sangar. Apalagi kalau melihat buritannya, aduh langsung jatuh cinta lagi dengan Civic Type R. Sumpah berbeda sekali dengan versi standar. Bahkan ini adalah hot hatch paling beringas. 

Untuk dapur pacunya sendiri, tidak menggunakan mesin 1.5 Turbo-nya. Justru mereka kembangkan sendiri dan hasilnya sungguh mencengangkan sekali. Berbekal 2.0 VTEC Turbo, hasil tenaganya mencapai 320 dk dan 400 Nm untuk torsinya. Serta, transmisi manual 6 percepatan sudah disematkan. Sungguh, surga dunia bagi penggemar hot hatch, apalagi sensasi balapnya tetap terjaga. 


Tampilan belakang sangat agresif dan berbeda dibanding generasi sebelumnya


Ditambah ketiga lubang knalpot yang terletak di tengah semakin mempertegas kalau Civic bukan sekedar hot hatch biasa-biasa saja.

Tetapi, apakah mampu masuk ke pasar Indonesia. Kita tahu, kalau Honda Prospect Motor sendiri enggan memasukkan hatchback Type R. Selain harga yang mahal juga pasar yang kurang menjanjikan. Padahal, banyak sekali peminat Type R di Indonesia, yang apabila digarap begitu baik akan terasa efek penjualannya. Meskipun harus dibuat premium sekalipun. 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen