Aston Martin Vantage AMR, Mobil Balap Hasil Pengembangan Vantage GT4

Aston Martin Vantage AMR Pro 2018

Jenewa, Otojatim.com - Aston Martin memang belum secara resmi mengumumkan mobil apa yang bakal menjadi pengganti Vantage di masa depan. Padahal, wujudnya sendiri cukup lawas untuk seukuran supercar GT karena sejak diluncurkan pada 2005 belum berganti model.

Pada pameran Geneva Motorshow 2017 di Swiss, pabrikan berlambang sayap mengepak ini menghadirkan Vantage baru yang merupakan pengembangan dari mobil balap Vantage GT4. 

Adalah Vantage AMR (Aston Martin Racing) Pro, mobil balap GT terbaru dari Aston Martin yang secara teknis cukup mengubah wajah dari supercar GT andalan Aston Martin. Bagi yang belum tahu, AMR adalah divisi balap dari Aston Martin.

Melihat bagian eksterior, mobil ini sudah kelihatan sangar karena menggunakan aerokit berbahan karbon fiber untuk keperluan balap. Diffuser, grill,spoiler benar-benar dikembangkan dari Vantage GT3 tapi ubahan pada bagian grill adalah yang paling terasa kalau mobil ini nampak berbeda karena tidak ada sekat penengah supaya bisa mengalirkan udara lebih baik demi memaksimalkan downforce mobil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.


Soal dapurpacu, mobil ini menggunakan mesin V8 berkapasitas 4700 cc yang dikembangkan tenaganya dari 410 dk menjadi 507 dk. Vantage ini sudah dibekali suspensi siap balap yang bisa disetting sesuai lintasan plus ban balap Michelin Pilot Cup. Sedangkan bagian interior sudah diperingan karena akan dipakai balap. Adapun lapisan pelapis kabin sudah dilabur bahan alcantara dengan karbon fiber di beberapa bagian.

Secara teknis, varian Vantage AMR ini membuktikan kalau Aston Martin ingin menggilas Lamborghini Huracan Performante dan Porsche 911 GT3 RS di kelas high performance GT. Ya, dengan mobil siap balap seperti ini Vantage GT4 terlihat percaya diri meskipun tampilannya nampak lawas. Jadi, jangan remehkan Vantage GT4.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen