Ferrari Beri Nama SF70H untuk Mobil Balap F1 Musim 2017

Tampang Ferrari yang akan turun di lintasan F1 musim 2017

Maranello, Otojatim.com - 70 tahun sudah Ferrari melanglangbuana di dunia otomotif. Melalui segala macam kegiatan balap maupun supercar, sudah jelas kalau pabrikan berlambang kuda jingkrak ini memang selalu menjadi yang terdepan.

Meskipun tidak menjadi yang terdepan dalam kancah F1,tapi Ferrari mampu berjaya di kancah balap GT melalui beberapa kali kemenangan dengan 488 GTE dan GT3.

Seolah terpacu dari kancah balap GT, Ferrari meluncurkan mobil balap F1 mereka bernama SF70H. Mobil ini dinamai atas peringatan 70 tahun pabrikan asal Italia itu sejak turun di balap jet darat lewat 125S. SF70H ini dibangun oleh tim desain yang dipimpin oleh desainer baru Mattia Binotto. Hal ini dikarenakan desainer yang lama, James Allison pindah ke tim Mercedes.

Penampilan mobil ini memang agak sama seperti SF16, tapi secara desain berubah mengikuti regulasi F1 musim ini sehingga mobil terlihat lebih "gepeng" dari pendahulunya. Sektor aerodinamika mengaplikasi sirip hiu plus sayap tambahan berbentuk huruf T. Adapun bagian lubang udara mobil berbentuk memanjang vertikal dengan posisi tinggi guna bisa melancarkan downforce pada mobil.

Pada tahun ini, Ferrari ingin kembali ke peringkat atas dan mampu mempertahankan posisi Sebastian Vettel sebagai Pebalap Utamanya. Pebalap Jerman ini memasuki tahun terakhir kontraknya dan Ferrari tak mau Vettel pergi begitu saja.

Pada musim lalu, Vettel berada di tempat keempat klasemen pebalap dan rekan setimnya yakni Kimi Raikkonen finish di tempat keenam. Sedangkan pada klasemen konstruktor, Ferrari finish ketiga di belakang Red Bull dan sang juara saat itu yakni Mercedes.

Mampukah Ferrari bisa kembali menatap garis kemenangan? Atau ditinggal tragis oleh Vettel di akhir musim? Mari kita nantikan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen