Bobot Besar Kendaraan SUV, Butuh Ban Berkemampuan Maksimal

Goodyear Wrangler TripleMax ditujukan untuk kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah yang biasanya berbobot rata-rata di atas 1.500 kg.

Otojatim.com, Jakarta - Para pemilik mobil sering dibingungkan dengan pilihan, ban mana yang cocok dengan mobilnya. Memasangkan ban yang tidak sesuai, tentunya akan mendatangkan kerugian bahkan malapetaka bagi penggunanya. Disamping konstruksinya tidak sesuai, juga dapat merusak bagian terpenting dari mobil, umur pakai menjadi lebih pendek dan hilangnya kenyamanan saat berkendara. 


Maraknya seri Sport Utility Vehicle (SUV) yang ditawarkan dari beberapa merek mobil ternama, menegaskan bahwa mobil ini memang dirasa paling pas didaulat sebagai kendaraan keluarga.
Ground clearance yang tinggi, ruang kabin yang lapang, mesin bertenaga dan tentu saja kemampuannya menjelajah berbagai medan jalan adalah beberapa kelebihan dari tipe kendaraan SUV yang diamini oleh pengguna setianya.

Bobot si bongsor kendaraan SUV yang rata-rata 1,5 Ton ini membutuhkan banyak dorongan untuk menggerakkannya sehingga menjadi kendaraan yang nyaman dikemudikan.  Misalnya pada mesin yang digunakan, agar dapat melaju dengan nyaman untuk bobot sebesar itu tentu dibutuhkan kapasitas mesin yang mumpuni.

Pilihan kebanyakan sekarang adalah 2000CC dengan 16 katup, 4 silinder dan injeksi bensin yang langsung. Sementara untuk menambah dorongan tenaga, biasanya ditambahkan Supercharger atau Turbocharger sehingga kemampuan bakar menjadi lebih besar dan dorongan tenaga bertambah.

Dengan HydroGrip Technology, desain tapak inovatif, karkas yang kuat dan kompon berdaya cengkeram tinggi, membuat performa pengereman di jalan basah menjadi lebih baik. Goodyear Wrangler TripleMax, jarak pengereman lebih pendek di jalan basah, berkendara bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan..
Mengimbangi tenaga yang besar, kebanyakan kemudian menggunakan sistem penggerak roda depan sehingga bisa memacu traksi yang lebih baik. Juga dipakai sistem suspensi batang penyeimbang (stabilizer bar) seperti halnya kendaraan sedan untuk jaminan kenyamanan.

Kalau semua sudah bertenaga dan nyaman, maka tentunya hal terakhir yang harus dipikirkan adalah sistem pengereman. Saat ini hampir semua mobil sudah menggunakan sistem ABS untuk menjaga keselamatan penumpang. Tetapi yang sering dilupakan oleh pengemudi dalam situasi ini adalah bahwa, semakin berat muatan maka akselerasi dan daya cengkeram ban juga semakin berkurang sementara momentum atau daya dorong mobil semakin kuat.

Disisi yang lain, saat pengereman mendadak terjadi maka terjadi juga perpindahan bobot kendaraan yang tadinya merata kini menjadi berubah mengikuti roda penggerak, dan inilah sebabnya mengapa kita harus memilih ban yang cocok untuk tipe mobil SUV ini.

Untuk kendaraan SUV kelas menengah, kini tersedia ban Goodyear Wrangler TripleMax yang mengaplikasikan HydroGrip Technology, yang merupakan sinergi antara ukuran telapak yang lebih besar dengan jumlah biting edges lebih banyak. Sehingga area kontak ban dan jalan lebih luas dan memperbaiki kualitas pengereman dibanding kompetitor lainnya.

Selain hal ini, satu lagi yang membedakannya adalah rancangan rim flange protector dimana lebih banyak material diberikan untuk sidewall yang berfungsi melindungi ban dan velg dari kerusakan akibat kondisi jalan.

Goodyear Wrangler TripleMax unggul untuk jalan basah dimana distribusi beban bobot kendaraan yang tidak merata diatasi dengan keunggulan dari daya cengkeram ban yang lebih baik dan ukuran telapak yang lebih besar.
Ban yang sudah menjadi jawara di kelasnya ini juga masih ditambah keuntungan dari Worry Free Program dimana setiap pembelian dua unit mendapat kesempatan gratis tiga bulan atau 12.000KM penggantian ban yang rusak karena pemakaian/jalan. Juga berhak mendapat bantuan darurat di jalan dan personal protection.
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen