Toyota Venturer Jawab Keinginan Konsumen Akan MPV Berkelas

BUKAN LAGI KIJANG - Dari kiri-kanan: Hasan - Kepala Cabang Auto 2000 Surabaya, Hendra Purnawan - Operation Manager Auto 2000 Jatim, Ima Nurbani Rahmah - MPV and Sedan Product Strategi PT TAM, Dharmawan Harlim - Area IV General Manager PT TAM saat peluncuran Toyota Venturer di Surabaya (16/1)

Surabaya, Otojatim.com - Desain All New Kijang Innova yang modern dan tough memberikan kesan gagah pada sebuah MPV. Namun, kenyataanya beberapa konsumen menghendaki tampilan yang lebih gagah dan adventurer.

Alhasil, survey yang dilakukan tim internal PT Toyota Astra Motor mendapatkan bahwa sebagian konsumen ingin tampilan Kijang Innova lebih dari sebuah MPV keluarga yang memberikan kenyamanan dan akomodasi yang lapang.

Baca juga:
Untuk itulahToyota Indonesia kemudian mengakomodir feedback konsumen tersebut dengan menghadirkan “Venturer”. Nama “Venturer” dipilih untuk mengedepankan unsur prestise dan gagah dari sebuah MPV untuk menemani penggunanya dalam petualang di kota maupun luar kota.

“Ada konsumen yang tak sekadar butuh nyaman dan performa yang baik dari Innova yang sudah ada, tetapi lebih kepada penampilan yang terlihat crossover dan lebih mewah,” ucap Ima Nurbani Rahmah, MPV and Sedan Product Strategy Manager TAM saat peluncuran Toyota Venturer di Ciwo, Surabaya (16/1).

Ubahan yang dilakukan pada Venturer cukup signifikan, tanpa melupakan DNA Kijang Innova yang legendaris. Berikut ini adalah kemewahan eksterior pada Toyota Venturer.

Luxurious and Comfort 

Sebagai apresiasi terhadap customer Innova, TAM memberikan customer extra comfort & luxury dengan mengadopsi leather seat pada keseluruh kursi tanpa menghilangkan safety airbagnya, untuk menghadirkan kabin yang semakin mewah dan prestise.

Leather Seat ini pun merupakan hasil survey yang dilakukan TAM terhadap konsumen Kijang Innova. Kenyamanan Kijang Innova yang hadir dengan semua keunggulannya tetap dipertahankan. Desain dasbor terkesan lebih lapang yang menyatu dari area pengemudi ke penumpang depan, sehingga memberi suasana yang luas dan lapang.

Steering Switch tersedia di setiap line-up untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk mengatur audio, telepon serta interface menu di MID. Kenyamanan penumpang belakang pun dimanjakan dengan seatback table (Venturer, Q & V Grade) serta rear seat console tray (All Grade) dengan port 12V yang bisa digunakan sebagai gadget charger.

Kemewahan pada Venturer dirasakan berkat Black Leather Seat yang memberikan kenyamanan lebih serta suasana kabin yang prestise.

Engine Performance

Keunggulan mesin pada All New Kijang Innova dipertahankan karena terbukti memberikan performa memadai serta efisiensi bahan bakar optimal. Pada Venturer, hadir pula fitur yang sudah ada pada line-up lain, yakni Drive Mode (ECO / Power Mode). Pengemudi cukup menekan tombol yang terletak pada konsol tengah untuk mengubah karakter All New Innova dari normal, efisien atau performa dahsyat.

Spesifikasi Mesin Innova Venturer Bensin 
Kapasitas  1.998 cc Dual VVT-i technology
Tenaga maksimum  139 PS
Torsi maksimum 18.7 Kgm
Spesifikasi Mesin Innova Venturer Diesel
Kapasitas  2.393 cc VNT with Intercooler
Tenaga maksimum 149 PS
Torsi maksimum 36.7 Kgm (AT) 34.9 Kgm (MT)

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap Venturer, Toyota menyesuaikan line-up menjadi semakin lengkap dengan Venturer Diesel dan Gasoline, masing-masing dengan transmisi M/T dan A/T .

Safety

Mirip dengan Innova tipe Q, fitur keselamatan pada Toyota Venturer khususnya pada tipe diesel telah disematkan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control (HAC) seperti yang ada pada Fortuner.

Perkuat Penjualan di Jawa Timur


Sementara itu, Hendra Purnawan Operation Manager Auto 2000 Jatim semakin optimis bahwa kehadiran Line-up baru "Innova Venturer" di 2017 dapat mendukung penjualan Toyota dalam menghadapai kompetisi di pasar otomotif khususnya di Jawa Timur.

Hendra mengatakan bahwa hingga saat ini Toyota masih memimpin market di kelasnya. "Toyota Innova merupakan salah satu kendaraan yang diminati di Jawa Timur, apalagi dengan hadirnya line-up baru, saya yakin akan mendongkrak penjualan Toyota di wilayah ini," ucap Hendra Purnawan.

Berdasar data Auto2000, untuk market MPV Medium sampai November 2016 dari total market Jawa Timur sebesar 8.306 unit, Toyota Innova meraih penjualan 7.797 unit. "Target penjualan New Venturer sendiri 1.200 unit setahun. Indennya, 2 sampai 3 bulan,”jelasnya.

Di Jawa Timur, Innova Venturer dibanderol Rp392-450 juta.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen