Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Akan Launching Dengan Mesin Canggih Dikelasnya

Kalau tidak ada aral melintang Februari 2017 Suzuki Ertiga Hybrid akan meluncur di Indonesia

Otojatim.com, Surabaya-Teknologi ramah lingkungan banyak dikembangkan oleh pabrikan otomotif untuk mobil mobil produksinya saat ini. Salah satu pabrikan otomotif yang mulai mengembangkan produk ramah lingkungannya adalah Suzuki.

Isu tentang akan meluncurnya Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pada tahun 2017 nampaknya bukan isapan jempol belaka. Hal ini diperkuat dengan salah satu informasi orang dalam Suzuki Sales Indonesia yang namanya enggan disebutkan, yang mengatakan bahwa Suzuki Ertiga Diesel Hybrid akan meluncur pada  bulan Februari 2017.
Meski menggunakan mesin diesel hybrid dengan teknologi baru, Ertiga Diesel Hybrid masuk dikelas low MPV, jadi kemungkinan harga jualnya tidak jauh berbeda dengan Ertiga bensin yang sudah ada sekarang.

Ertiga Diesel Hybrid ini menggunakan mesin 1300 cc, 4 silinder. Mesin ini dikombinasikan dengan teknologi yang bernama Smart Hybrid System from Suzuki (SHVS), serta ditambah beberapa kompinen canggih seperti Integrated Starter Generator (ISG) yang berfungsi untuk menggantikan alternator konvensional untuk membantu pergerakan mesin dieselnya.

Sistem ISG di dukung oleh motor listrik yang digerakan oleh baterai berkapasitas besar yang terdapat pada mobil. Bisa dikatakan ISG akan menjadi sumbertenaga tembahan yang disalurkan pada mesin saat mobil ketika berakselerasi, efeknya penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat.

Jenis mesin SHVS yang dipakai Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini dapat dikategorikan berjenis Mild Hybrid. Itu artinya, mesin diesel tetap sebagai penggerak utama bagi mobil, sedangkan muatan listrik dan baterai hanya membantu disaat saat tertentu saja. Inilah yang membedakan Mild Hybrid dengan Active Hybrid dan Plug Hybrid.

Dengan teknologi Mild Hybrid, otomotis konsumsi bahan bakar menjadi sangat irit. Bahkan dikatakan, lebih irit dari Ertiga bermesin bensin. Berdasarkan sertifikasi asosiasi kendaraan di India, konsumsi bahan bakar dari Ertiga Diesel Hybrid ini bisa meraih konsumsi bahan bakar 24,52 km/liter.

Perbedaan mesin Ertiga bensin dengan Ertiga diesel

Mengenai pilihan transmisi, sampai saat ini kami belum memperoleh informasi baru mengenai pilihan transmisi Suzuki Ertiga Diesel. Tapi katanya, untuk Suzuki Ertiga Diesel hanya akan dikeluarkan dalam pilihan transmisi manual.


Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga Diesel :

Type : 5 step multi injection common rail, In-line Diesel, Fixed geometry Turbocharger with Intercooler
Displacement : 1248 cc
Bore x Stroke : 69.6mm X 82mm
No. of cylinders : 4
Compression ratio : N/A
Max. Power : 88.8 Bhp @4000 rpm
Max. Torque : 200 Nm @1750 rpm
Valve train : 16 valve, DOHC(Double Over Head Cam)
Fueling system : Common Rail Direct Injection (CRDi)
Engine oil grade : 15w 40
Oil & filter change interval : 10,000 km / 1Yr
Engine oil capacity : 3.1 Ltr
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen