Motor Baru, Valentino Rossi Berniat Balas Kekalahan Tahun Lalu

Formasi tim Yamaha MotoGP 2017. Aksen putih pada motor dihilangkan.

Madrid, Otojatim.com - Jelang MotoGP 2017, banyak tim-tim yang siap membuka selubung motor barunya pada bulan Januari. Tim pertama yang membuka tirai motor barunya adalah Yamaha.

Diluncurkan di Madrid pada Kamis (19/1) setempat, Yamaha memperkenalkan YZR M1 terbaru yang memiliki warna biru gelap. Warna ini juga menghapus warna putih pada bagian bawah engine cover motor. Ubahan terkini lainnya adalah tiadanya winglet sebagai alat aerodinamika utama. Selain itu pula, tidak ada perubahan radikal pada motor.
"Basis motor 2017 sama seperti tahun 2016, dengan sasis, swing-arm ,mesin, dan  suspensi baru. Tetapi basis motor baru ini tidak merusak filosofi dari motor 2016," kata Direktur Teknik, Massimo Meregalli dari Autosport.

Spanyol menjadi tempat peluncuran utama karena Yamaha memperkenalkan pebalap baru Maverick Vinales yang juga merupakan joki tuan rumah. Ia mengaku puas dengan hasil pengetesan motor baru ini sejak diujicoba di Valencia beberapa bulan lalu.

"Tahun pertama saya di Yamaha, saya akan beradaptasi dengan cepat. Saya sangat suka dengan karakter YZR-M1 yang cocok dengan saya," kata Vinales via motorsport.com.

"Saya tidak menargetkan gelar juara dunia di tahun pertama saya karena persaingan di MotoGP makin kuat dari tahun ke tahun, apalagi kini saya satu tim dengan Valentino Rossi yang makin kuat di tiap tahunnya. Semoga saya bisa mendapatkan ilmu baru darinya," ucap Maverick 'Top Gun' Vinales.

Sementara, joki yang akan masuk usia kepala empat yakni Valentino Rossi berkeinginan untuk membalas dendam kekalahan musim lalu akibat diasapi oleh tim Honda (Marc Marquez sebagai joki berhasil menjadi juara dunia pebalap) dan gagal mendapat juara dunia ke-10 sepanjang kariernya membalap motor.

"Yah, saya masih penasaran usai tiga tahun beruntun meraih posisi kedua di klasemen. Menjadi juara dunia pembalap kini menjadi utama dan saya ingin kembali membawa Yamaha sebagai juara dunia konstruktor," kata Rossi via Autosport.

Apakah Yamaha mampu meraih gelar juara konstruktor musim ini? Mungkinkah Rossi meraih gelar ke-10 sepanjang kariernya? Mari kita nantikan pada seri perdana di Qatar bulan Maret nanti.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen