Impresi Awal: New Honda Mobilio Semakin Mewah dan Naik Kelas

Tomoki Uchida Presdir PT Honda Prospect Motor dan Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Director HPM berpose saat peluncuran New Mobilio (12/1)

Jakarta, Otojatim.com - Persaingan antar Low MPV sudah dimulai di awal tahun 2017. Tentunya, pabrikan banyak mengeluarkan varian dan menyegarkan model untuk menggaet konsumen. Dimana pasar ini masih potensial untuk dikembangkan. 

Kali ini Honda melalui Mobilio kembali membuat refreshment pada sektor eksterior dan menambah fitur-fitur yang disesuaikan dengan keinginan konsumen di Indonesia. Kali ini Honda berkonsentrasi dengan fitur keselamatan berkendara pada konsumen. 

Patut diacungi jempol bahwa ubahannya kali ini mulai meninggalkan kesan mirip Brio. Memang dulu ada penilaian sebagian masyarakat tentang Mobilio dan Brio yang merupakan satu platform, dimana rancang bangun dibuat mirip, seperti headlamp, dasbor dan jok pun sama. 

Perubahan maksimal di Eksterior 


Berbicara eksterior Mobilio, Honda terbilang berani meninggalkan kesan Brio yang sebelumnya disematkan pada model sebelumnya. Meskipun desain bumper masih dipertahankan. Namun, headlamp sedikit diubah untuk mengesankan ini adalah LMPV Honda. 

Terlihat dari lampu depan sudah mengadopsi desain kotak dengan imbuhan LED. Membuat Mobilio terkesan mewah. Apalagi varian RS, yang gril dengan warna hitam berikan kesan sporty dan layaknya LMPV sporty. 

Lalu, bagian belakang hanya disentuh pada bagian license plate garnish. Rasanya, tidak ada perubahan yang maksimal terhadap bagian belakang. Sedangkan, pelek pun turut diberikan sentuhan baru, meskipun hal tersebut tidak berlaku bagi varian RS yang masih menggunakan desain lama. 

Untuk tipe RS, sebenarnya hampir sama dengan tipe lainnya. Tetapi, dengan aplikasi warna terbaru, Phoenix Orange Pearl duo-tone menambah aura sporty mereka. Memang ada warna lain seperti Marine Purple Pearl cuma lebih cocok digunakan oleh varian dibawahnya. 

Fitur baru dan peningkatan keselamatan 


Bermain di kelas LMPV, rasanya membutuhkan beberapa gimmick untuk mendapatkan perhatian konsumen yang saat ini begitu cerdas dalam memilih mobil. Maka, Honda berani menyematkan beragam fitur dan meningkatkan keselamatan. Seolah standar keselamatan pun bakal naik di kelas ini. 

Seperti sistem hiburan untuk tipe E sudah menggunakan monitor LCD 6.2 inch dengan rear parking camera dan audio steering switch. Ini merupakan pilihan bagus untuk konsumen yang ingin hiburan yang lengkap. Selain itu, varian RS bahkan ukurannya lebih besar, yaitu 6.8 inch dengan K2 Technology dan volume Link EQ. Pastinya dipadu dengan 6 premium speaker yang membuat suara yang dikeluarkan begitu dashyat. 

Untuk A/C-nya sendiri sudah memakai versi digital serta sudah otomatis untuk varian tertinggi. Memang, hal ini terbilang bagus dan berikan kesan mewah untuk Mobilio. Ya, rivalnya pun akan kesulitan untuk mengimbanginya. 

Piranti keselamatan atau fiturnya sendiri ditambah VSA (Vehicle Stability Assist) dan HAS ( Hill Start Assist). Keduanya merupakan fitur wajib yang saat ini mulai digunakan pada kelas LMPV. Justru ini menjadi nilai lebih apabila dibandingkan oleh rival mereka. 



Mesin dan Transmisi tidak ada perubahan Tetapi Harga tetap naik 


Soal mesinnya sendiri sebenarnya masih sama dengan model sebelumnya. Bahkan, untuk varian terendahnya sudah tidak ada lagi untuk matiknya. Bahkan, hanya tersedia manualnya saja. 

Sedangkan harganya sendiri, mungkin ini menjadi hal krusial sekaligus penting bagi konsumen. Karena itu, dibanderol dari 243, 5 Juta untuk RS CVT dan 233 Juta untuk RS MT, sedangkan Tipe E CVT hanya 221 Juta dan MT cuma 210 Juta. Dan varian terendahnya, S MT sangat jauh, hanya 189,5 Juta. 

Memang, bakal banyak disparitas dari model S dan E jika melihat dari faktor harga. Namun, fitur yang melimpah di varian tipe E membuat konsumen berpikir untuk meminang tipe yang banyak fitur ketimbang yang tidak ada fiturnya. Karena sejatinya, tipe standar diperuntukkan untuk fleet atau taksi. 



Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen