HKS GTS800, Toyota 86 Racikan HKS Siap Bantai Tsukuba

Toyota 86 HKS GTS800

Tokyo, Otojatim.com - Time Attack merupakan salah satu cabang olahraga otomotif yang dibangun dari iseng-iseng belaka. Melaju cepat di sirkuit untuk mencari catatan waktu di bawah 1 menit adalah tujuan para pecinta kecepatan dalam ajang time attack ini.

Banyak orang membangun mobil dengan mesin bertenaga besar plus bodikit gondrong demi ikut serta dalam balapan yang memiliki ajang bergengsi bernama Tsukuba Superlap .

Salah satunya adalah produsen parts aftermarket HKS yang membangun sebuah Toyota 86 untuk diturunkan dalam ajang Tsukuba Superlap pada tahun ini. Dahulu, HKS menggunakan Mitsubishi Lancer Evo 9 untuk menembuh catatan waktu dibawah 50 detikan. Tapi apa daya, HKS hanya mampu meraih catatan waktu 53 detik saja di tahun 2007.
Satu dekade telah berlalu dan HKS siap menyongsong tahun 2017 dengan mobil Toyota 86. Mobil berkode ZN6 ini diklaim lebih ringan dan lebih lincah dari Lancer Evo karena memiliki bodi yang kecil untuk seukuran sport compact car. Bila melihat pada bagian eksterior langsung saja kita terkesima dengan bodikit gondrong yang dipakai di 86 ini.

Memang, bodikit ini membuat 86 sedikit lebih mirip Honda S2000 di bagian samping, tapi diklaim menghasilkan downforce sekaligus mengurangi drag pada mobil. Bodikit ini jauh lebih ringan akibat berbahan karbon fiber dan wujudnya lebih mirip mobil super GT (balap turing Jepang) akibat penggunaan sayap belakang plus diffuser.


Pada sektor pengereman, mobil ini menggunakan rem carbon ceramic dari Endless dengan kaliper 6 pot didepan dan 4 pot di belakang. Bagian tergila ada di penempatan knalpot karena ujung bagian pembuangan ini ditaruh pada bagian samping pintu penumpang mobil ini. Untuk bagian kaki-kaki sudah menggunakan ban Yokohama Advan plus velg Advan GT berukuran 18 inchi.

Sedangkan suspensinya sudah menggunakan damper dari HKS plus custom double wishbone demi meningkatkan handling mobil saat dipakai balap.

Untuk bagian interior mobil sudah dipakai jok balap dari Bride, digital display dari AiM, dan stir dari Nardi. Sengaja bagian interior dibiarkan terondol demi mengurangi bobot mobil ketika dipakai balap dan didalamnya sudah dipakaikan rollbar demi keselamatan sang pebalap.


Bagian mesin adalah highlight utama pada mobil ini karena mesin 4UGSE ini sudah di stroke menjadi 2500 cc dari aslinya yang hanya 2000 cc saja. Mesin ini sudah dipasangi supercharger plus intercooler guna menambah pasokan tenaga pada 86 ini ketika melaju dilintasan balap.

Untuk mengantar boost mobil, HKS sudah memasang blow off valve bertekanan tinggi sehingga diklaim tenaga yang dihasilkan akan mencapai 800 dk seperti nama proyek mobil 86 ini yang dinamai HKS GTS800. Jadi bisakah HKS mampu meraih catatan waktu di bawah 50 detik saat bertempur di Tsukuba sana? Hanya waktu yang menentukan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen