Acciona Ecopowered, Pelopor Mobil Listrik di Reli Dakar

Satu-satunya peserta reli yang hemat energi

Buenos Aires, Otojatim.com - Reli Dakar memang telah berlalu, akan tetapi ada sebuah tim yang berjuang hingga akhir supaya bisa finish. Tujuan tim ini amatlah mulia yakni membawa nama mobil listrik untuk sejajar dengan mobil bensin, nama tim ini adalah Acciona.

Menggunakan mobil Acciona 100% EcoPowered, tim asal Spanyol ini ikut serta dalam reli Dakar sejak 2015. Meskipun pada tahun ini harus menuntaskan reli terberat di dunia itu pada posisi ke-57 tapi prestasinya bisa diancungi jempol.
Benar, tujuan ikut reli Dakar bagi sebagian orang bukan ingin mencari kemenangan, tapi juga sebagai lahan uji coba sebuah kendaraan atau sebagai tempat uji nyali terbaik bagi para petualang/ penantang maut.

Mobil ini menggunakan motor listrik berdaya 250 kw (335 dk)  yang bisa memproduksi torsi sebesar 800 Nm. Mobil SUV ini bisa mengisi ulang baterai secara independen pada baterai berdaya 150 kWh.

Tidak peduli keadaan macam apa, kendaraan ini tetap berjalan dengan baterai dan pastinya lebih ramah lingkungan ketimbang kendaraan berbahan bakar fosil.

Kondisi suhu daerah Amerika Selatan yang panas berhasil dimaksimalkan oleh Acciona karena mobil itu sudah dipasangi panel surya berdaya 100 watt. Jadi, tidak perlu isi bensin sepanjang perjalanan karena sinar matahari merupakan bahan bakar utama mobil ini.

Melalui kerjasama Ariel Jatón sebagai pereli dan Tito Rolón sebagai pengemudi di balik kabin, tim
Acciona berhasil finish Dakar tanpa masalah apapun sepanjang perjalanan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen