Video: Mercedes-Benz Kembangkan Headlamp Digital Nan Pintar

Mercedes-Benz Digital Lights Technology

Otojatim.com - Perkembangan lampu semakin maju. Produsen mobil mulai mencoba teknologi baru untuk produk mereka. Seperti BMW dengan Laser Light yang berikan penerangan lebih tajam. Bahkan beberapa produsen pun sudah menerapkan LED sebagai standar headlamp mereka. Namun, Mercedes-Benz terapkan headlamp versi digital.

Kali ini, Mercedes-Benz mencoba sebuah teknologi headlamp yang sebenarnya peningkatan dari LED. Yaitu, Digital Light atau lampu digital. Dimana sinar lampunya akan menyesuaikan dengan kondisi jalan dan temperatur udara. Bahkan, bisa melihat objek sekitarnya. Sehingga, cahaya yang dikeluarkan diatur sedemikian rupa.
Dengan fitur anti-glare tidak menyilaukan mata dari pandangan lawan arah, namun obyek penyinaran tetap terlihat jelas

Dengan cara seperti itu, kemungkinan sinar lampu berlebihan akan bisa berkurang dan cahaya yang keluar pun akan beresolusi tinggi. Hmmm, seperti televisi dengan gambar berkualitas HD. Nah, struktur lampunya sendiri masih mengandalkan LED dengan micromirror. Disini peranan micromirror yang mengatur cahaya keluar dan menerangi sekitarnya.

Uniknya lampu ini bisa berkomunikasi dengan pengendara maupun pejalan kaki dengan menghadirkan rambu-rambu lalu lintas. Benar-benar bisa berkomunikasi untuk sebuah lampu, bisa dibilang Mercedes hadirkan sebuah lampu yang bukan sekedar menerangi jalan dan berikan rasa aman. Justru mereka hadirkan konsep lampu yang bisa berkomunikasi dengan sekitarnya.

"Faktor utama dari teknologi ini, bukan dari headlampnya semata. Melainkan, digital intelligence yang berperan di dalamnya," ujar Gunter Fischer, Head of Exterior Body Development andVehicle Operating System Daimler AG.

Memang, Artificial Intelligent dalam headlamp inilah yang berperan sebagai komunikator terhadap objek di sekitarnya. Bahkan, Mercedes sudah satu tingkat lebih maju ketimbang kompetitornya. Mungkin saja dalam waktu dekat headlamp seperti ini bakal digunakan pada varian Mercedes-Benz mereka.

Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen