Tampil di Fast and Furious 8, Dodge Challenger GT Usung Penggerak AWD

Dodge Challenger GT AWD 2017, mirip tunggangan Dominic Toretto di Fast and Furious 8

Otojatim (Detroit)- Persaingan ketat di kelas mobil berotot Amerika memang bak sebuah segitiga yang berkesinambungan. Tiga pabrikan berbeda saling bertempur guna menjadi penguasa di kelas paling berat tersebut seperti Dodge, Ford dan Chevrolet.

Chevrolet diwakili Camaro, Ford diwakili Mustang dan Dodge diwakili Challenger. Tidak peduli mereka dihentikan karena mesin V8 yang bisa dibilang simbol kejantanan mereka hilang akibat pemangkasan biaya, tapi persaingan tetap ketat dan kompetitif.
Jika Camaro dan Mustang masih menggunakan penggerak roda belakang, maka Challenger memilih penggerak 4 roda (AWD) guna menyikapi jalan licin dan tidak stabilnya mobil saat digunakan sehari-hari.

Kita masih ingat, kalau mobil-mobil berotot sering oleng ketika dipakai drift akibat kebanyakan torsi sehingga mudah membuat kecelakaan penggunanya.

Dodge melahirkan Challenger GT yang sudah dibekali gerak 4 roda (AWD) dengan transfer case bawaan Charger AWD . Hal ini dilakukan guna mematikan gardan depan yang menjadi masalah pengguna gerak 4 roda karena membuat mobil kaku saat bermanuver.

Mesin V6 Pentastar lungsuran Jeep Wrangler berkapasitas 3500 cc tetap dipakai guna menghemat bahan bakar dan gampang dipakai sehari-hari. Soal tenaga, mobil bertransmisi otomatis 8 percepatan ini tidak neko-neko karena melahirkan 305 dk dengan torsi 336 Nm.

Hal ini membuat Mustang dan Camaro langsung terdiam akibat keduanya masih menggunakan pola penggerak lama yakni roda belakang yang tidak stabil.

Tampilannya sih masih standard seperti Challenger penggerak roda belakang, tapi mobil berbandrol US$34.490 (Rp 460 jutaan) ini memiliki interior berbalut kulit Nappa dengan sistem pemanas dan In Car Entertainment layar sentuh berukuran 8,4 inchi.

Untuk opsi lain, Dodge menawarkan kombinasi kulit-Alcantara untuk balutan interior, stir balap dan speaker berjumlah 9 unit sebagai pemanja telinga. Tidak salah bila produsen film Hollywood mengajaknya untuk ikut berperan sebagai mobil Dominic Toretto di Fast and Furious 8. Bukan? Setidaknya mirip.



Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen