Mercedes AMG GT4, siap Terkam Lawan di Lintasan Balap

Mercedes AMG GT4 2017

Head to head dengan BMW M4 GT4 tim Ekris

Afalterbach, Otojatim.com - Tim F1 Mercedes Benz memang sedang kebingungan dalam mencari pebalap untuk musim depan sepeninggal Nico Rosberg yang memutuskan pensiun setelah menjadi juara dunia tahun ini. Ini memang menjadi mimpi buruk kalau hampir tidak ada pebalap yang sanggup menggantikan sang juara dunia.

Akan tetapi kegalauan pada tim F1 ini malah tidak berefek kepada program motorsport milik pabrikan asal Jerman itu karena ada GT, Formula 3 dan balap turing siap meneruskan tongkat estafet keberhasilan jika balap paling bergengsi itu tidak diandalkan lagi. 
Pada balap GT, Mercedes memang masih mengembangkan AMG GT sebagai mesin tempur meskipun belum mendulang kemenangan di kancah Blancpain GT. Meskipun begitu, ada saja langkah lain guna menampilkan peforma AMG GT supaya bisa kompetitif yakni dengan balap GT4.

GT4 merupakan kelas GT paling awal yang melibatkan berbagai pebalap dari muda sampai tua. Kejuaraan balap ini tergolong kompetitif dan tidak berbiaya mahal seperti kancah GT3 dan GTE di balap ketahanan World Endurance sebagai kelas tertingginya.

Pabrikan berlogo tiga bintang ini melihat ada peluang di sana sekaligus menghancurkan pabrikan senegaranya sekaligus musuh abadinya yakni BMW. BMW menurunkan M4 GT4 yang dipakai di tim Ekris sehingga jelas kalau Mercedes turun persaingan pasti akan memanas bak balap turing DTM dimana keduanya menciptakan balapan menjadi semakin seru untuk ditonton.

Adalah AMG GT4, sebuah supercar AMG GT yang di-downgrade dari versi GT3-nya. Meskipun begitu, mobil ini bukan downgrade sembarangan karena diklaim memiliki wujud mirip AMG GTR yang notabene versi tersangar dari AMG GT. Pada bagian eksteriornya memang mirip sekali dengan AMG GTR, hanya saja bagian sayap belakang dirubah mengikuti spesifikasi balap GT4.

Mobil yang akan dibanderol di bawah US$ 420,000 ini belum diketahui spek dapurpacunya. Mengikuti spek GT4, kemungkinan mesin V8 twin turbo berkapasitas 4000 cc akan dipakai dan tidak menggunakan
mesin V8 berkapasitas 6200 cc seperti yang dipakai versi GT3.

“Pengembangan Mercedes-AMG GT4 merupakan langkah penting dalam ekspansi program balap Mercedes-AMG. Ini sebagai masukan dari tim Customer Sports mengenai AMG GT3 dan meningkatkan minat GT4 yang menjadi andalan saat ini,” ujar Tobias Moers, Chairman of the Management Board of Mercedes-AMG GmbH.

“Kami bangga bisa menghadirkan pilihan ini kepada penggiat balap dan tim di masa depan,” tambah Tobias. Kalau begini, akankah BMW akan ketakutan jika Mercedes AMG GT4 mampu menyalip M4 GT4? Mari kita nantikan tahun depan kalau mobil ini benar-benar turun dengan spek terkininya.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen