Sirkuit Jakabaring Sumsel, Harapan Baru Gelaran MotoGP di Indonesia

Layout sirkuit Jakabaring, Sumatera Selatan

Sepang, Otojatim.com - Ada hal menarik perhatian di MotoGP Sepang lalu (30/10) yakni adanya perwakilan dari Indonesia yang membawa layout sirkuit untuk dipakai dalam MotoGP tahun 2018. Adalah Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang menyodorkan layout sirkuit Jakabaring,Sumatera Selatan kepada Dorna selaku penyelenggara kejuaraan balap motor prototype ini.

Bila kita melihat layoutnya, Sirkuit ini memang mirip dengan Autopolis, Jepang yang menyodorkan beberapa tikungan cepat dan tricky. Hanya saja, beberapa tikungannya tergolong landai dan parabolik khas sirkuit modern seperti Fuji Speedway di Jepang dan Shanghai di Cina.

"Panjang sirkuit ini 4,314 km dengan tikungan ada 14. Trek lurus paling panjang 750 meter dan di start-finish 545 meter," sambung Sadikin Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai perwakilan IMI yang bertandang ke Sepang. Rupanya, desainer sirkuit ini juga menangani sirkuit jalanan Karawaci yakni Hermann Tilke.

Jelas ini merupakan sirkuit modern dengan kecepatan lumayan tinggi. Karena average speed setelah dimasukan ke logaritma Helman Tilke kecepatan rata-rata bisa sampai 171 km/jam. "Top speed bisa 305 km/jam. Itu bisa lebih cepat lagi karena rata-rata kalau dia hitung realisasinya bisa lebih cepat karena motor makin tahun makin berkembang," imbuh mantan pereli itu.

Rencananya, daerah dekat Jakabaring yang saat ini masih dalam rawa ini akan berubah menjadi sirkuit kelas dunia. Bagaimana dengan pendanaannya? Sirkuit ini akan menggunakan dana perusahaan swasta. "Murni swasta. Karena APBN situasi sedang sulit enggak bisa untuk bangun untuk itu apalagi APBD. Kami ini di Palembang nafsu besar tenaga kurang. Inginnya itu banyak, duit ndak ada ya pakai akal," ungkap Alex Noerdin.

Lalu berapa biaya untuk membangunnya? Kurang lebih 30 juta Euro, jadi tidak lebih dari Rp 500 milyar," beber Sadikin Aksa. Jika ini terjadi maka sirkuit Jakabaring di Palembang ini akan menjadi sirkuit kelas dunia kedua yang berdana rendah setelah Temas Rio Hondo di Argentina sana yang sudah menggelar MotoGP. Uang Rp 500 milyar ini akan balik modal dalam 3 tahun saja karena dinilai akan menambah devisa lebih besar dari gelaran balap dunia ini?

Seperti kita ketahui, jika MotoGP Palembang yang rencananya akan digelar November 2018 ini akan menjadi gelaran motorsport kelas dunia ketiga di pulau Sumatera. Karena ajang World Rally Championship pernah menyambangi Medan, Sumatera Utara di medio 1990`an dan yang terbaru adalah gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) di Pangkal Pinang, Bangka pada tahun depan.

Maju terus motorsport di pulau Sumatera.

Naskah: Berto
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen