Porsche 911 RSR Siap Tantang Ferrari 488 GTE di Kejuaraan WEC Musim Depan

Porsche 911 RSR 2017

Versi terbaru ini mesin tempurnya akan diletakkan di depan dan tetap berpenggerak roda belakang

Bahrain, Otojatim.com - Pada balap ketahanan WEC di Bahrain kemarin (19/11), ada satu pemandangan menarik di booth Porsche. Dimana di booth milik tim pabrikan asal Jerman ini ada varian terbaru dari supercar balap mereka yaitu 911 RSR bersanding dengan mobil balap prototype 919 bersanding disebelahnya.

Siap turun pada kejuaraan musim depan, Porsche siap bersaing melawan musuh-musuhnya seperti Ferrari 488 GTE, Aston Martin Vantage dan Ford GT. Supercar ini membawa mesin klasik flat six berkapasitas 4000 cc. Hanya saja, tidak seperti pendahulunya yang bermesin belakang maka versi terbaru ini mesin tempurnya akan diletakkan di depan dan tetap berpenggerak roda belakang.

“Sementara masih mempertahankan ciri khas 911, evolusi terbesarnya dalan sejarah adalah menjadi model GT terbaik kami,” buka Head of Porsche Motorsport Dr Frank-Steffen Walliser via Autosport. 

Mobil berkode 991.2 ini sama seperti 488 GTE yakni sama-sama punya komponen serba baru dan bukan berbasis sama seperti model pendahulunya. Untuk bagian transmisinya sudah mengaplikasi sekuensial 6 percepatan dengan magnesium housing.

Sebagai piranti keselamatannya, 911 RSR ini sudah mengaplikasi Collision Avoid System (CAS). Sistem ini mendeteksi kemungkinan kecelakaan saat dijalankan di lintasan balap. Kemungkinan besar, piranti ini juga akan digunakan pada beberapa model jalanan seperti 911 Carrera dan Panamera Executive tahun depan.

Mobil berbobot 1243 kg ini memang sangat mudah dioperasikan karena hampir semua bagian instrumen pada kabin bisa disesuaikan untuk mendukung karakter pebalap saat berlaga di lintasan. Supercar ini akan muncul pertama kali pada ajang Weathertech Sportcar 2017 tepatnya di seri perdana di Daytona pada Januari 2017.

Mampukah Porsche bisa meraih kampiun di awal tahun? Mari kita tunggu.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen