MINI Siapkan John Cooper Works Rally di Dakar 2017

MINI JCW Rally Edition 2017

Langganan juara 2012-2015

Buenos Aires, Otojatim.com - Sudah mulai akhir tahun, banyak tim-tim balap sudah berangkat ke Amerika Selatan untuk mempersiapkan diri jelang reli terganas di dunia bernama Dakar. Salah satu tim yang sudah siap dengan senjata andalannya adalah MINI X Raid.

Tim pabrikan yang meraih 4 kemenangan beruntun dari 2012-2015 ini sempat kecolongan pada awal tahun ini karena reli itu dimenangi oleh tim Peugeot melalui Stephane Peterhansel. Tentu saja, MINI sangat ingin balas dendam dalam reli yang akan dimulai dari Asuncion, Paraguay- Buenos Aires, Argentina ini.

Dalam reli yang akan digelar Januari 2017 itu, pabrikan asal Inggris ini menurunkan John Cooper Works Rally. Secara garis besar, mobil ini merupakan penyempurnaan dari varian pendahulunya bernama MINI All 4 Racing. John Cooper Works sendiri merupakan nama varian beperforma tinggi dari MINI yang diturunkan sejak ikut serta dalam Reli Monte Carlo di era 1960`an silam.

Mobil yang terkenal lewat film Mr Bean ini memang berbeda dari versi sebelumnya akibat penyempurnaan dari segi aerodinamika dan distribusi bobot guna memaksimalkan kinerja mobil saat beraksi di medan berat. Menggunakan sasis dengan frame terbaru membuat mobil ini bisa menikung lebih baik dari All4 Racing. 

Suspensinya sendiri menggunakan Reiger yang bisa disetel sesuai settingan mobil. Untuk rem sendiri menggunakan cakram berukuran 320 mm dengan kaliper 6 piston.

Untuk mesin menggunakan 6 silinder TwinPower Turbo berkapasitas 2993 cc yang bisa menghasilkan daya 340 hp dengan torsi gajah 800 Nm. Perubahan utama terdapat pada engine mapping yang disesuaikan untuk kinerja mesin saat melaju di trek tanah sekaligus memaksimalkan efisiensi bahan bakar pada mobil.

Menggunakan penggerak 4 roda, mobil ini dilengkapi transmisi sekuensial 6 percepatan dari Sadev dengan kopling ganda dari AP Racing.

" Kolaborasi MINI dan X raid ini adalah sesuatu yang bagus untuk divisi motorsport kami. Bersama, kami meraih 4 kali kejuaraan Dakar dan kejuaraan FIA Cross Country karena MINI All4. Melalui John Cooper Works Rally ini, kami bisa melanjutkan kemenangan yang tertunda pada tahun ini dan mampu meraih kembali di Dakar tahun depan." ujar Sebastian Mackensen, Senior Vice President MINI.

Mampukah John Cooper Works Rally bisa meraih gelar juara Dakar 2017? Mari kita nantikan tahun depan.
Cockpit MINI JCW Rally Edition dilengkapi perangkat digital
Siap bertarung di gurun terganas
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen