Mazda RT24P, Ketika Mobil Game Jadi Kenyataan

Mazda RT24P

Jadi mobil showstopper di booth Mazda, LA Auto Show

Los Angeles, Otojatim.com - Bagi para penikmat game simulasi balap mobil Gran Turismo 6 pasti sudah mengenal mobil Mazda LM55 Vision Concept. Mobil yang terinspirasi dari mobil balap Le Mans Prototype pemenang musim 1991 yaitu 787B. 

Pabrikan asal Jepang ini tidak hanya menampilkan mobil balap itu dalam game saja tapi juga versi aslinya  dengan nama RT24P. Mobil ini merupakan salah satu showstopper di booth Mazda dalam Los Angeles Auto Show tahun ini.

Kalau kita lihat, memang keduanya hampir mirip. Akan tetapi RT24P ini lebih siap balap ketimbang LM55 yang merupakan mobil konsep tulen untuk proyek Vision GT (mobil-mobil konsep yang tampil di Gran Turismo). Mobil ini siap dipakai pada gelaran Weathertech Sportcar tahun depan yang akan dimulai pada awal tahun tepatnya di seri bergengsi Daytona 24 jam.

"Desain KODO merupakan jantung dari kendaraan yang diusung oleh semua mobil baru Mazda, dan ini terlihat nyata pada desain prototipe 2017,” ujar Ken Saward, Senior Manager of Design Americas.

KODO merupakan bahasa desain yang sedang dipakai Mazda sebagai jatidiri model-model mobil berlogo M itu pada masa kini. Ada dua mobil yang akan dipakani dan akan ditangani oleh SpeedSource Race Engineering untuk bagian maintenancenya. Menggunakan sasis Riley Mk. 30 dikembangkan oleh Riley Technologies yang berkerjasama degan Multimatic.

Tidak memakai mesin berkonfigurasi V seperti peserta lainnya, Mazda menggunakan mesin empat silinder turbo MZ-2.0T yang mampu menelurkan daya 600 hp dan dikembangkan memakai Advanced Engine Research.

Dalam keikutsertaannya dalam ajang Weathertech Sportcar. Mazda sudah mengantongi juara konstruktor pada kelas LMP pada 2009-2011 bersama Dyson Racing. Mampukah Mazda bisa berbicara kembali dan merebut gelar juara musim depan? Hanya waktu yang bisa menjelaskannya
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen