Kenapa Hi-Max Pakai Mesin Ayla, Ini Jawaban Daihatsu

Budhy Lau Regional Manager Jawa Timur PT Astra Daihatsu Motor berpose saat peluncuran Daihatsu Hi-Max di Cito Surabaya (17/11)

Bukan memakai mesin Xenia 1.0 yang sudah tidak dijual lagi

Surabaya, Otojatim.com - Daihatsu Hi-Max menggunakan mesin Daihatsu Ayla, 1KR-DE DOHC. Meskipun sama-sama berkapasitas 1.000 cc, ternyata tetap ada perbedaan di antara keduanya.

Budhy Lau Regional Manager Jawa Timur PT Astra Daihatsu Motor mengatakan bahwa mesin Ayla tidak serta merta dimasukkan begitu saja ke dalam Daihatsu Hi-Max, menjawab sesi tanya jawab dengan awak media saat peluncuran Hi-Max di Cito Surabaya (17/11). 

“Ada perbedaan settingan untuk Daihatsu Hi-Max disesuaikan dengan peruntukkannya, misalnya susunan gearbox dan penggunaan propeler shaft (gardan belakang) pada mobil ini,” kata Budhy.

“Mesin Ayla sudah teruji, handal dan irit. Daihatsu Jepang sudah melakukan survey sejak dua tahun lalu, bahwa mesin Ayla inilah yang diputuskan sebagai dapur pacu Daihatsu Hi-Max yang dirancang untuk mengangkut beban yang tidak terlalu berat, sehingga mampu menembus gang-gang sempit di perumahan,” lanjutnya.

Di Jepang sendiri Hi-Max sangat diterima konsumen, karena jalanan perumahan di Jepang mirip dengan perkotaan di Indonesia. Hi-Max sangat sesuai dengan pengusaha yang menyetir sendiri mobil pikapnya, untuk mengantar barang seperti Elpiji, air galon, bisnis makanan, kain dan sebagainya.

“Selain itu, dengan menggunakan mesin 1KR-DE DOHC, perawatannya mudah karena sukucadangnya murah dan mudah didapatkan  mirip dengan sparepart Daihatsu Ayla,” tutup Budhy.

Di Jawa Timur, harga Daihatsu Hi-Max dibanderol Rp.100.100.000 untuk tipe standar, dan Rp.108.100.000 untuk tipe Hi yang mempunyai kelengkapan AC dan Power Steering.  Khusus bulan November ini, Daihatsu Surabaya menggelar promo DP Ringan 15% atau total bayar mulai Rp8 juta untuk pembelian Daihatsu Hi-Max.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen