Jaguar XKSS, Tampang Jadul tapi Jantung Masa Kini

Jaguar XKSS mengingatkan pada serial Speed Racer. Sangat menarik untuk dikoleksi.

Akankah mengilhami pabrikan lain untuk berbuat serupa?

Los Angeles, Otojatim.com - Sang legenda hidup kembali, inilah yang dihadirkan oleh Jaguar dalam Pameran Los Angeles Auto Show. Tidak tanggung-tanggung, sebuah mobil sport klasik ditampilkan sebagai show stopper di booth pabrikan asal Inggris ini.

Adalah XKSS, mobil yang sekarang menginjak usia kepala 6 ini tampil dengan autentik dan merupakan hasil dari tim Jaguar Classic selama 18 bulan di fasilitas ‘Experimental Shop’ di Warwick, Inggris. Mobil ini merupakan salah satu dari 9 mobil yang dihidupkan oleh pabrikan berlogo kucing besar itu pada 1957 dan siap dipasarkan secara terbatas pada tahun depan.

XKSS siap dipinang dengan harga setara supercar zaman sekarang yakni US$1,2 juta atau Rp16 milyar. Mobil ini pernah berlaga di ajang balap ketahanan legendaris yakni Le Mans 24 jam dan merupakan mobil balap yang diperhitungkan di masanya karena menang hattrick di tahun 1955-1957.

Supercar klasik ini akan dipasangi mesin D type dengan kapasitas 3400 cc bertenaga 262 hp. Mobil ini pernah diproduksi besar-besaran namun hanya tersisa 16 unit saja akibat bencana kebakaran melanda pabrik Browns Lane, pada 12 Februari 1957.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen