Suzuki GSXR-1000 2017 Lebih Stabil dari Pendahulunya

Suzuki GSXR-1000 2017

Otojatim.Com (Koln) - Walaupun tidak ada perbedaan spesifik dari pendahulunya, Suzuki GSXR 1000 edisi 2017 yang ditampilkan pada pameran Intermot 2016 memang tidak memumbar spek eksterior. Akan tetapi tampilan yang biasa-biasa saja ini ternyata memumbar ubahan pada sektor tenaga dan teknologi motor.


Walaupun bagian sok depan upside down yang dilapisi warna hitam bukan merupakan ubahan terbesar, tapi teknologi Broad Power System adalah highlight utama pada motor ini. Teknologi yang diambil dari motor MotoGp GSV-R ini terdiri dari  Suzuki Racing VVT, throttle ride-by-wire, dan exhaust tuning alpha.

Keseluruhan sistem tersebut memberikan keseimbangan output di rpm tinggi dan rpm menengah, juga merupakan komposisi kerja dari 4 sistem, yakni intake VVT (variable valve timing), electronic throttle body, valve train system, dan exhaust pressure tuning valve. 

Performa yang diklaim begitu gahar, Suzuki tidak lupa memaksimalkan sistem keamanan pada superbike terbarunya itu. Seperti kemampuan mengurangi gejala limbung ban belakang, rigiditas pengereman, dan bisa menyesuaikan saat pengereman pada posisi menikung.

Asyiknya lagi, pengendalian dan gaya berkendara bisa disesuaikan dalam 10 pilihan mode tergantung keahlian, lintasan, dan kenyamanan.

Untuk mesin sendiri, superbike yang memiliki rival Yamaha R1, Kawasaki ZX-10 R dan Honda CBR 1000 RR ini menggunakan mesin 999.8 cc empat silinder segaris DOHC. Untuk tenaga sendiri menghasilkan 199 dk dengan torsi 115 nm.

Tenaga ini diklaim sebagai superbike terkuat yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Jepang itu. Pengaturan rasio kompresi juga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya 12,9:1 kini menjadi 13,2:1. Namun untuk langkah lengan ayun lebih pendek dari 74,5 x 57.3 mm, menjadi 76 x 55.1 mm. Desain ulang internal mesin tak luput menyentuh bagian camshaft. Katup dan roda gigi transmisi juga didesain ulang.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen