Porsche 911 GT3 Cup Siap Hadapi Huracan dan 458 Evo di Lintasan Sirkuit

Porsche 911 GT3 Cup (Netcarshow)

Otojatim.com (Paris) - Three Musketter, itulah sebutan bagi 3 supercar yang digunakan pada 3 ajang balap semerek di dunia yakni Porsche 911 GT3 Cup, Lamborghini Huracan Supertrofeo dan Ferrari 458 Evo. Meskipun Huracan sudah lebih dahulu mencicipi kerasnya aspal lintasan sirkuit, tapi kedigdayaannya harus disaingi dengan adanya New Porsche 911 GT3 Cup.

Mobil yang dirilis di Paris Motorshow tahun ini itu berbasis 911 berkode 991.2. Meskipun pada sektor eksterior terlihat sama, tapi pada aspek mesin sedikit ada perubahan. Mesin flat 6 silinder berdaya 485 hp ini ditambah dengan  katup pendorong dengan dudukan rocker arm yang stabil dan central oil feed digunakan untuk pertama kalinya.

Terlebih lagi, oil centrifuge yang terintegrasi digunakan untuk mengoptimalkan oil defoaming dalam mesin. Crankshaft juga dipasang untuk meningkatkan kestabilan secara signifikan.

Pada sektor keselamatan, insinyur-insinyur Porsche di Stuttgart, Jerman sudah  mengembangkan piranti rollcage dan kursi balap bucket seat yang jauh lebih aman dari pendahulunya.  Bagian pada lubang keselamatan pada bagian atap diperbesar, sesuai dengan standar terbaru FIA, untuk mempermudah pemberian pertolongan pertama dan pemulihan setelah terjadi kecelakaan.

Memang harga supercar ini masih belum diketahui, tapi produksi mobil akan berlangsung selang seling dengan 911 versi jalan raya. Modifikasi balap nantinya akan balap dilakukan di pusat motorsport di Weissach, dimana kendaraan juga diuji secara menyeluruh oleh pembalap profesional sebelum dikirimkan ke pelanggan.

Saat sudah dijual, mungkin hanya Ferrari 488 yang belum dipakai balap karena masa pemakaian 458 Evo masih lumayan panjang. Bisa dikatakan kalau Huracan dan 911 baru inilah yang siap merajai balap semerek supercar tahun depan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen