MotoGP Australia, Kembalinya Kentucky Kid ke Repsol Honda

Nicky Hayden kembali menunggang Repsol Honda di sisa musim MotoGP 2016

Otojatim.com (Philip Island)- MotoGP musim 2016 bisa dikatakan usai karena juara dunia sudah berada di tangan Marc Marquez. Jadinya, kita mungkin tidak mendapat tontonan sebaik rival terdekatnya yaitu World Superbike (WSBK) yang masih menentukan juara dunianya pada seri terakhir di Qatar pada akhir bulan Oktober ini antara sesama joki Inggris penunggang Kawasaki yakni Tom Sykes vs Jonathan Rea.

Akan tetapi, balapan MotoGP musim ini masih menyajikan pertarungan antar para joki Yamaha yakni antara Valentino Rossi melawan Jorge Lorenzo. Entah siapa yang akan menang pasti akan meraih posisi kedua dalam klasemen pebalap. Lorenzo sendiri akan menunjukkan peforma terbaiknya saat pagelaran MotoGP berkunjung ke Australia pada 23 Oktober nanti.
Sirkuit Philip Island, Australia ini memang memiliki karakter cepat tapi tricky di sektor kedua. Kondisi sirkuit yang berangin karena di dekat pantai membuat peran winglet akan lebih maksimal untuk aerodinamika motor. 

Marquez pernah menjuarai seri Philip Island pada tahun lalu sedangkan Lorenzo pernah memenangkan
balapan pada 2013. Untuk rekor kemenangan terbanyak cukup ada pada Rossi dengan 8 kali kemenangan (6 kemenangan di kelas MotoGP, 1 di kelas 500 cc dan 2 di kelas 250 cc).

Setelah seri sebelumnya tim Repsol Honda hanya bertumpu pada seorang Marquez, kali ini joki asal Spanyol itu tidak sendirian karena " Kentucky Kid" akan mebalap kembali pada  tim yang membesarkan dirinya dan menjadikan dirinya sebagai juara dunia 2006.

Ialah Nicky Hayden, joki Amerika ini akan kembali balapan di kejuaraan balap prototype setelah sebelumnya membalap di WSBK seri Perancis. Joki Ten Kate Honda yang duduk di posisi kelima klasemen sementara WSBK ini sebelumnya membalap di Marc VDS Honda dengan menggantikan joki nyentrik Jack Miller yang sedang cedera di GP Aragon. Posisi terbaiknya saat itu adalah ke-15 dan meraih 1 poin.

"Bagi saya itu kerja keras, tapi itu sebuah kesempatan, setelah sepuluh tahun memenangkan juara dunia MotoGP, dan kemudian kembali ke “tim impian” saya!

Melakukan akhir minggu di Phillip Island dengan Honda, itu cukup emosional. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan kepercayaan Honda kepada saya,” ujar Hayden via crash. Soal Philip Island, joki bernomor 69 ini finish ke-9 di race 1 dan finish ke-4 di race 2 pada WSBK Australia Februari lalu.
“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada tim saya, juga sponsor saat ini untuk mengizinkan saya pergi dan melakukan hal ini, untuk turun ke Phillip Island dan mudah-mudahan saya bisa melakukan pekerjaan dengan baik untuk tim." tambahnya lagi.

Selain itu pula, joki Karel Abraham akan kembali membalap di MotoGP bersama Aspar Ducati pada musim 2017. Joki Ceko ini akan berduet dengan Alvaro Bautista dengan motor Ducati Desmosedici GP15. “Saya sangat tersanjung bisa kembali lagi balapan di MotoGP. Saya mulai mencari tahu ketika menyadari ternyata ada kemungkinan,” ujar joki Milwaukee BMW ini.

“Saya sangat senang kembali bersama Ducati, merupakan motor favorit saya dan juga memikirkan musim pertama dengan mereka yang merupakan musim terbaik.” tambah joki yang menempati posisi ke-18
pada klasemen pebalap WSBK 2016.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen