Legenda Light Jeep Suzuki Surabaya Kotrik Club Genap 16 Tahun

Sebagian anggota SKC usai melakukan ofroad di kawasan hutan Jolotundo, Trawas, Mojokerto.

Otojatim.com (Trawas)- Menyambut HUT nya yang ke-16, Suzuki Suroboyo Kotrik Club (SKC) lakukan kegiatan bakti sosial dan penghijauan menanam 500 pohon bambu di Trawas, Mojokerto.

Di usianya yang sudah memasuki 16 tahun, tentunya bukan sebuah angka yang tidak bisa dibilang muda lagi, bahkan dengan usianya yang sekarang SKC sudah menjadi legend bagi sebuah klub ketika memasuki usia di atas 10 tahun. Sampai saat ini SKC tetap eksis bahkan menjadi ikon Jawa Timur sebagai komunitas dari pengguna, penghoby dan pecinta Suzuki Jeep.

Bagi pecinta ofroad tentunya tidak asing dengan mobil Suzuki Jimy (kode SJ410), kendaraan yang dibekali system penggerak 4x4 ini pertama kali keluar tahun 1982, dan sebelumnya adalah Jimny Kotrik atau Jimny Jangkrik (kodeLJ80V) yang keluar pada tahun 1977 sampai 1981.

Jimny Jangkrik atau Kotrik orang orang Jawa Timur menyebut sang legenda light jeep keluaran Suzuki ini
Meski SKC ini menggunakan nama kotrik, namun anggotanya sendiri ada beberapa yang menggunakan Suzuki Jeep Katana yang sudah dimodivikasi untuk adventure. Meski satu pabrikan yaitu Suzuki, dengan brand berbeda namun umumnya mereka adalah pecinta ofroad, terbukti ketika merayakan hari jadinya yang ke-16 , sebanyak 25 anggotanya melakukan rambah hutan (ngalas) di daerah Jolotundo, Trawas, Kabupaten Mojokerto.

“Subaya Kotrik Club dibentuk oleh Pak Tony 5 Oktober 2000, bertepatan dengan HUT TNI, kebetulan Ketua SKC pertama berasal dari TNI AL, dan mala mini adalah syukuran sekaligus peringatan HUT SKC yang ke-16,” jelas Pak Supardi Pembina Suzuki Suroboyo Kotrik Club.

“Di Surabaya sendiri komunitas mobil mobil jeep dari merek Suzuki belum dihimpun dalam satu wadah, ada SKIN (Suzuki Katana Indonesia), ada 4x4 dan satu satunya komunitas pecinta Jeep Suzuki di Surabaya yang terdaftar di IMI sepengetahuan saya baru SKC,” tandas Pak Supardi.

“SKC sendiri sudah kami daftarkan secara legal di notaris, dan anggota nya cukup banyak sampai sekarang anggota nya yang terdaftar ada 60-an, namun yang aktif sekitar 30-an anggota,” jelas Pak Supardi.

 Anggota SKC berpose bersama Ketua SKC Jawa Timur dan Pembina SKC Jawa Timur
Supardi yang juga bertugas sehari hari sebagai angota Polri yang bertugas di Polda Surabaya menambahkan.”SKC selama ini aktif dalam bidang sosial ataupun gerakan penghijauan. Contohnya saat Gunung Kelud meletus, saat hari kedua letusan satupun kendaraan tidak ada yang berani masuk ke lokasi bencana, anggota SKC lah satu satunya yang masuk ke lokasi bencana sambil membawa bahan makanan dan minuman untuk korban Kelud,” tambah Supardi.

Disinggung mengenai kontribusi APM selama SKC berdiri, Sukardi mengatakan, hanya satu kali bantuan dana lewat UMC Surabaya.

“Kami berharap ada kepedulian dari pihak Suzuki Pusat (Jakarta-red) kepada SKC, kalau memang di Jakarta ada induk perkumpulannya marilah kita sama sama kita arahkan organisasi Jeep Suzuki ini, sistem kerjanya  bagaimana dan tata caranya seperti apa, dan bisa di jelaskan kepada kami, kalau perlu kami siap di branding dengan Suzuki daripada kami dibranding dengan produk lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan komunitas kami ini,” harap Supardi.

Anggota SKC tidak semuanya menggunakan Suzuki kotrik atau Jangkrik keluaran 80-an tapi ada juga beberapa yang mengunakan Jimmy keluaran di atas tahun 80 (SJ410)
“Saat ini setiap kami akan melakukan kegiatan baik itu nasional ataupun sifatnya ke daerahan, kami menggunakan dana swadaya dari masing masing angota, termasuk dalam rangka penghijauan yang kami lakukan di Trawas ini. Kami melakukan penanaman sebanyak 500 pohon bambu, kami menggunakan biaya sendiri,untungnya kami bisa menggandeng pihak Perhutani Jawa Timur untuk membantu aktivitas kami ini,” tegas Supardi.

Agenda kedepan SKC pada 22 April 2017 akan mengadakan Jambore Nasional di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Selamat ulang tahun SKC, tetap menjadi obor penyemarak dunia otomotif di tanah air tercinta.

Sekretariat Suzuki Suroboyo Kotrik Club Jalan Sememi Jaya 59, Surabaya Telp 031.34233353/ 081330536650.

Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen