Fakta 5 Kali Juara Dunia, Marc Marquez kini Samai Mick Doohan dan Jorge Lorenzo

Marc Marquez juara dunia MotoGP tiga kali termuda

Motegi, Otojatim.com - Marc Marquez bersama Repsol Honda meraih kemenangan pertama kalinya balapan di sirkuit tuan rumah Honda, Twin Ring Motegi, Jepang. Kemenangan ini mengunci gelar Marc sebagai Juara Dunia MotoGP 2016.

Baca:  MotoGP Jepang: Yamaha Tumbang, Marquez Kunci Gelar Juara! 

Pada usia 23-tahun, Marquez kini adalah pembalap termuda yang pernah memenangkan tiga gelar kelas utama World Championship dan lima kali Kejuaraan Dunia di semua kelas selama periode sembilan tahun dari keikutsertaan Kejuaraan Dunia balap MotoGP. Marquez kini telah menyamai Mick Doohan, Jorge Lorenzo dan penghitungan Toni Mang dari 5 Gelar Juara Dunia dalam karirnya.
Fakta tentang Marc Marquez di Kejuaraan MotoGP;
  1. Marquez adalah pembalap termuda yang memenangi tiga kelas utama Kejuaraan Dunia MotoGP, pada usia 23 tahun 242 hari. Rekor sebelumnya dipegang  Mike Hailwood yang 24 tahun 108 hari ketika ia memenangkan gelar 500cc ketiga berturut-turut pada tahun 1964.
  2. Marquez juga pembalap termuda sepanjang masa untuk mencapai tonggak dari lima gelar kejuaraan dunia, sebelumnya adalah Valentino Rossi yang 24 tahun 238 hari ketika ia memenangkan gelar kelimanya - kejuaraan MotoGP 2003.
  3. Marquez memenangi seluruh tiga gelar Juara MotoGP saat mengendarai Honda, menyamai jumlah gelar kelas premier yang dicapai oleh Valentino Rossi saat mengendarai Honda (1 x500cc + 2 x MotoGP). Satu-satunya pembalap yang telah memenangkan lebih kelas premier gelar juara dunia dengan tunggangan Honda adalah Mick Doohan yang memenangkan gelar 500cc pada lima kesempatan.
  4. Pembalap Spanyol lain dengan gelar Juara Dunia melebihi banyaknya Marquez dan Lorenzo adalah Angel Nieto dengan tiga belas gelar juara dunia (7 x 125cc, 6 x 50cc).
  5. Dengan kemenangannya di Jepang Marquez telah memenangkan Grand Prix setidaknya lima kali per musim selama tujuh tahun terakhir (di berbagai kelas GP), sesuatu yang dicapai sebelumnya oleh dua pembalap dalam sejarah 68 tahun dari sepeda motor grand prix balap: Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen