Ducati Siap Ganyang Pasar Superbike dengan Super Sport

Ducati Super Sport

Koln, Otojatim.Com - Pameran motor akbar se-Eropa, Intermot 2016 yang berlangsung di Koln adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan sebuah Ducati baru untuk merajai pasar motor superbike sekaligus mengasapi rival-rivalnya seperti Yamaha R1, Honda CBR 1000 RR, Suzuki GSXR 1000 dan Kawasaki ZX-10R.


Adalah Ducati Super Sport yang merupakan gacoan terbaru pasukan berlogo lingkaran merah ini untuk menghadapi motor-motor itu.

Memang sekilas namanya agak aneh karena super sport sendiri merupakan kelas motor berkapasitas 600- 800 cc. Tapi motor ini malah berkapasitas 937 cc dengan mengusung mesin silinder ganda bernama Testastretta 11° yang dicomot dari Ducati Hypermotard.

Walaupun mesinnya sama seperti supermoto itu, namun perubahan pada saluran intake ke ruang bakar dan exhaust system membuat power puncaknya bergeser ke putaran rendah dan menggunakan ratio transmisi di final drive yang lebih panjang. Peak power-nya disebutkan ada di kisaran 115 hp pada 9.000 rpm. Putaran cukup rendah sesuai peruntukannya, jalan-jalan di dalam kota.

Perubahan diutamakan pada crankcase dan kepala silinder yang sudah didesain ulang. Modifikasi juga dilakukan pada lajur pendingin air. Throttle body juga mencapai 53 mm, dikendalikan melalui sistem Ride-by-Wire. Perangkat elektroniknya juga sama seperti Hypermotard, ada ABS, traction control dan variable fuel modes. Sedang pada tipe ‘S’ yang secara fisik beda pada warna fairing bawah dan cover single seat, di mesinnya dibedakan dengan penambahan quickshifter.

Di atas kertas, SuperSport menyuguhkan tenaga 113 dk pada 9.000 rpm dan torsi 96,7 Nm pada 6.500 rpm. Hal tersebut didapat dari kompresi yang mencapai 12.6:1. Pengendara pemula patut waspada, sebab pada 3.000 rpm sekitar 80% torsi sudah berikan sensasi.

Transmisi SuperSport sudah mengadopsi Ducati Quick Shifter (DQS) yang memungkinkan pengendara melakukan perpindahan gigi tanpa menarik tuas kopling. Sehingga pengendara bisa tetap membuka throttle untuk menjaga putaran mesin ketika masuk dan keluar tikungan.

SuperSport yang memiliki sumbu roda 1.478 mm memiliki total bobot 210 kg. Tak khawatir terasa berat, karena Ducati telah menghitung geometri sasis sehingga akan lincah bermanuver berkat rake disajikan 24° dan trail 91 mm. Ban belakang dipasangkan ukuran 180/55 ZR17 dan ban depan 120/70 ZR17 diproduksi oleh Pirelli Diablo Rosso III.

Redaman ke permukaan jalan diladeni produk dari Marzocchi untuk suspensi bagian depan berdiameter 43 mm, sedangkan lengan ayun tunggal dipercayakan lansiran Sachs. Namun untuk SuperSport S dipasangkan Ohlins TiN coated 48 mm untuk bagian depan.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen