BMW Siap Melangkah ke Balap Mobil Listrik dan Enduro

bmw enduro electric
BMW World Endurance Championship (Netcarshow)

Berlin, Otojatim.Com - Pabrikan asal Jerman BMW siap melanjutkan proyek balap internasionalnya pada tahun depan dengan dimulai pada cabang Formula E dan dilanjutkan pada ajang World Endurance Championship.


Hal ini ditegaskan oleh Jens Marquadt selaku boss BMW Motorsport. " Kami sangat mendukung sekali pada balap mobil Formula E ini. Karena balap mobil ini sangat ramah lingkungan dan memajukan industri mobil listrik pada masa depan".

Untuk balap Formula E, BMW akan bekerjasama dengan tim Andretti sebagai technical partner. Selain itu, pabrikan berlogo baling-baling ini juga akan menampaki ajang balap ketahanan pada 2018. Belum diketahui mobil apa yang dipakai untuk balap ketahanan dunia itu. Disinyalir, kelas utama LMP1 (Le Mans Prototype) menjadi target utama pabrikan yang selalu menggunakan liveryputih-biru pada tim pabrikan ini.

Dimulai dari musim 2018, kami akan melakukan ekspansi pada program balap GT kami dengan berkompetisi di FIA World Endurance Championship, dan juga IMSA WeatherTech SportsCar Championship,” ungkap Jens. “Tentunya kami juga akan kembali membalap di Le Mans karena memang balapan tersebut sangan kami nantikan. Karena kami menganggap WEC telah berkembang dengan baik, kami percaya balapan GT akan memiliki masa depan yang cerah."

“Alasan itu juga mengapa kami juga ingin melakukan ekspansi pada program balap bagi pelanggan-pelanggan kami. Di kategori tersebut kami telah memiliki mobil yang sukses, BMW M6 GT3.”  Detail lebih lanjut terkait proyek GTE mereka akan diumumkan pada masa mendatang.

Diperkirakan mereka akan melakukan sesi uji coba di trek, dan memulai fase awal pengembangan mobil pada musim panas berikutnya.

Untuk saat ini, mobil BMW M6 GTLM spek-2016 yang mereka miliki, hanya legal di kejuaraan IMSA WeatherTech SportsCar Championship, dan diperkirakan akan tetap berpartisipasi pada kejuaraan tersebut mengingat pentingnya pasar Amerika Serikat bagi BMW.

Sementara, versi GT3 dari BMW M6 saat ini juga masih mengikuti balapan Blancpain GT Series. BMW memiliki sejarah panjang di balapan Le Mans 24 Jam, sejak mereka pertama kali membalap di balapan legendaris itu pada tahun 1930-an.

Sepanjang tahun 1970-an, BMW mengikutsertakan mobil 3.0 dan 3.5 CSL yang dioperasikan oleh tim pelanggan mereka sebelum menyuplai mobil legendaris M1 dan M1 Procar pada tahun 1980-an.

BMW merasakan kesuksesan mereka yang pertama kali di sirkuit La Sarthe setelah McLaren GTR yang menggunakan mesin V12 berkapasitas 6,1 liter dari BMW menjuarai balapan Le Mans pada tahun 1995.

Kemenangan Le Mans di tahun 1999, menjadi satu-satunya kemenangan pabrikan Jerman itu sebagai konstruktor dengan mobil BMW V12 LMR, yang didesain dan dikembangkan bersama tim Williams Grand Prix sebelum ikut serta pada kejuaraan F1 di tahun 2000- 2005 dengan tim yang sama.

Naskah : Adinata Pramadya
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi