Bathrust 1000 km, Balapan Maut di Tengah Gunung Panorama

Balap Bathrust Panorama Mountain Australia

Otojatim.com (Bathrust) - Balap ketahanan merupakan sebuah ajang balap yang menguras fisik dan mental pebalap. Bayangkan saja, dua pebalap harus bekerja keras untuk membawa sebuah mobil dari tim ternama untuk meraih gelar juara.


Inilah yang terjadi pada akhir pekan kemarin (9/10) di sirkuit gunung Panorama, Australia dimana seri balap V8 Supercar menggelar kejuaraan prestisiusnya bernama Bathrust 1000 km.
Sirkuit yang berada di New South Wales ini bukan sirkuit termudah bagi para pebalap. Yup, sirkuit sepanjang 6,2 km ini mirip dengan Nurburgring Nordscleife yang notabene merupakan sirkuit terpanjang dan tersulit di dunia. Memang sirkuit ini tergolong memiliki karakter cepat, tapi pada bagian mendaki dan menuruni gunung.

Panorama inilah tantangan justru dimulai. Tikungan berkelok-kelok pada lintasan yang juga berfungsi sebagai jalur wisata ini merupakan hadangan utama bagi para pebalap sebelum merengkuh gelar juara di tempat itu. Banyak kecelakaan terjadi di sirkuit ini bahkan ada yang merenggut korban jiwa.

Nah, siapakah duo pebalap yang merajai tempat balap paling angker di Australia ini? Adalah pasangan Will Davison dan Jonathon Webb dari Triple Eight Holden yang meraih kampiun di Gunung Panorama. Perjuangan keduanya tidak mudah karena beberapa pebalap mengancam untuk meraih gelar juara pada balapan selama 161 putaran ini.
Adalah pemimpin klasemen, Shane Van Gisbergen yang hampir meraih gelar juara jika pada kesempatan akhir mampu menyalip rekan setimnya sendiri yaitu Davison. Pada balapan ini Van Gisbergen tidak sendirian, karena pebalap Selandia Baru blasteran Belanda ini ditemani pebalap Perancis Alexander Premat.

Kecelakaan memang menjadi bumbu wajib balapan maut ini. Dimulai dari kecelakaan Andrew Jones (Brad Jones Holden) pada lap ke-95. Lalu pada lap ke-150, terjadi kecelakaan berat yang menimpa mobil Holden Jamie Whincup akibat ditubruk mobil Volvo dari Scott Mclaughin. Pebalap Volvo Cyan Racing itu dikurang poinnya sebanyak 25 akibat aksi nakalnya itu.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen