iklan jual beli mobil

Konsumsi BBM Toyota Calya Ketika Perjalanan di Tanjakan

konsumsi bbm calya

Malang, Otojatim.Com – Salah satu syarat kategori LCGC adalah konsumsi BBM paling sedikit mencapai 20 km per liter. Dengan spek yang dimiliki, kami yakin Toyota Calya bisa memenuhi ketentuan tersebut, asalkan pengetesan diukur dengan metode standar yang tepat.



Jurnalis media otomotif biasanya melakukan pengetesan konsumsi BBM dengan cara menjalankan kendaraan sejauh 100 km dengan kecepatan rata-rata 90 km/h. Dan hal ini hanya bisa dilakukan di jalan bebas hambatan jalur panjang.

Brosur Toyota Calya 2022


Nah, atas undangan Toyota Astra Motor (TAM) dalam acara Jurnalis Testdrive Toyota Calya di Malang dan Surabaya 19-20 September kemarin, Otojatim.Com mencoba memanfaatkan momen tersebut untuk mengetahui berapa sebenarnya konsumsi BBM Toyota Calya.

Namun kami menyadari, bahwa standar pengujian konsumsi BBM ala media tak mungkin bisa dilakukan dengan perjalanan yang kompleks ini. Hal ini dikarenakan rute yang dipilih panitia bervariasi dari tanjakan curam sampai jalanan perkotaan.
toyota calya irit

Rouli Sijabat, PR Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjelaskan,“Kami memilih kota Malang dan Surabaya dalam acara ‘Wonderful Journey’ ini karena mempunyai kontur jalan yang beragam. Selain itu para peserta juga dapat menelusuri lokasi-lokasi ikonik di Jawa Timur.”

Oleh karena itu, kami hanya mencatat konsumsi BBM ini berdasar laporan fitur AVG pada MID yang tersemat pada Toyota Calya, dengan pengetesan apa adanya. Gaya mengemudi campuran, kondisi jalan naik-turun bahkan juga bertemu kemacetan. Ini detailnya:

Pengetesan hari pertama (14.00 – 18.00)
  • Jenis kendaraan: Toyota Calya transmisi Manual
  • Driver: Gam Gondrink (otomotifmagz.com), Handi (Otojatim.Com), Stephen (OtoSL.com)
  • Jumlah penumpang: 4 + bagasi penuh
  • Rute: (Malang-Batu PP) - (Pergi) Resto Taman Indie – SukarnoHatta  - MT.Haryono – Pendem – Pasar Karangploso – Alun2 Batu – Pujon (tanjakan) – Wisata Gunung Banyak (Omah Kayu) ketinggian 1.340 dpl – (Pulang) via MT.Haryono (macet)  - Kawi – Hotel Ijen Suites
  • Hasil tes konsumsi BBM Calya manual: 12,7 km per liter (Total jarak 67 km)


Keesokan harinya, kami check out dari Hotel Ijen Suites yang disediakan TAM. Sebelum kembali ke Surabaya, tim jurnalis menyempatkan diri untuk sarapan di kuliner ikonik Malang, yaitu Rawon Nguling di Jalan Zainul Arifin. Dan untuk perjalanan kali ini, kami menjajal Calya transmisi otomatik.

Pengetesan hari kedua (09.00 – 11.30)
  • Jenis kendaraan: Toyota Calya transmisi otomatik
  • Driver: Handi (Otojatim.Com)
  • Jumlah penumpang: 4 + bagasi penuh
  • Rute: (Malang-Surabaya) Hotel Ijen Suites – Wisata Kuliner Rawon Nguling Malang – Raya Singosari (merambat) – Lawang  Pasuruan (kecepatan bervariasi 60-80 km/h) - Tol Pandaan (kecepatan 130 km/h) – Tol Porong  - RM. Tempo Doeloe Juanda
  • Hasil tes konsumsi BBM Calya otomatik: 17,6 km per liter (Total jarak 92 km)


Itulah pengalaman pertama kami bersama Toyota Calya. Dengan jarak dan waktu yang cukup singkat, kami masih merasa kurang puas dalam menjajal fitur-fitur produk andalan Toyota Astra Motor ini.
calya di tanjakan

Semoga di lain kesempatan, TAM atau dealernya berkenan memberikan pinjaman unit Toyota Calya dengan waktu yang lebih leluasa untuk dieksplorasi. Agar pengetesan dan pengambilan data terhadap Toyota Calya ini lebih akurat.

Kami menduga, bila diukur dengan cara yang tepat, konsumsi BBM Toyota Calya masih sanggup melebihi angka 20 kilometer per liter.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi