Sisihkan 81 Negara, Bocah Indonesia Sabet Juara Menggambar Mobil Masa Depan

Dzaky pemenang juara kedua kontes mobil impian Toyota
Dzaky pemenang juara kedua kontes mobil impian Toyota

Jakarta, Otojatim.Com – Bocah 6 tahun bernama Dzaky Averil Sholahuddin asal Boyolali, Jawa Tengah, berhasil meraih Silver Award pada World Contest Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2016 bertema Mobil Impian Masa Depan untuk kategori usia di bawah 8 tahun.

Di samping Dzaky, anak Indonesia lainnya, Putti Kurnia Serfiyani (15 tahun) asal Jember, Jawa Timur, juga berhasil masuk sebagai finalis untuk kategori umur 12—15 tahun di ajang yang sama. 
“Selamat kepada Dzaky yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat global. Harapan ke depan prestasi ini juga dapat memicu semangat anak-anak Indonesia lainnya untuk ikut mengembangkan bakat seni dan juga kepedulian terhadap masalah di sekitarnya,” ujar Henry.
Penghargaan Silver Award bagi Dzaky ini diserahkan oleh Mitsuhisa Kato Executive Vice President & Member of Board Toyota Motor Corp di Tokyo, Jepang, pada Rabu (24/8).

Dzaky dan Putti merupakan perwakilan putra-putri Indonesia yang menyisihkan 850.000  peserta dari 81 negara. Selain mendapat hadiah uang tunai, Toyota juga mengajak Dzaky untuk melakukan kunjungan ke Jepang.

Melalui hasil karya dan imajinasinya, Dzaky melukiskan kendaraan masa depan dalam bentuk “Mobil Jamur Penyelamat”, yaitu mobil berbentuk jamur sebagai kendaraan penyelamat kebakaran hutan, di mana mobil ini bisa menyelamatkan korban, memadamkan api, dan mengubah udara penuh asap menjadi udara bersih. 

Putty finalis Toyota Dream Art Contest
Putty finalis Toyota Dream Art Contest
Sementara itu Putti menggambarkan mobil mikro Pembasmi Kanker, yang dapat masuk ke tubuh manusia melalui saluran peredaran darah dan membunuh sel kanker.

Henry Tanoto Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, memberikan apresiasi terhadap imajinasi dan kreativitas anak Indonesia yang terlibat di ajang Toyota Dream Car Art Contest.

Di ajang TDCAC, kata Henry, anak-anak Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kreativitas dan keterampilan, tidak cukup dalam keahlian menggambar namun juga eksplorasi ide dari anak Indonesia.
Bersama Mitsuhisa Kato Executive Vice President & Member of Board Toyota Motor Corp di Tokyo, Jepang
Penghargaan ini tentu diraih dengan tidak mudah oleh Dzaky dan Putti. Mereka harus melewati dua tahap seleksi penyaringan pada ajang local contest dan world contest TDCAC.

Pada tahap local contest, Toyota Indonesia memilih 9 pemenang dari 6.137 peserta dari Indonesia, yang merupakan 3 peserta terbaik untuk kategori umur di bawah 8 tahun; 3 peserta kategori umur 8-11 tahun; dan 3 peserta kategori usia 12-15 tahun.

Lukisan dari 9 pemenang (peserta) dari tiga kelompok usia tersebut, kemudian dikirim ke Jepang sebagai karya yang lolos pemilihan dan berhak mengikuti World Contest TDCAC ke-10 di tahun 2016.

Ajang yang telah berlangsung sejak tahun 2004 ini merupakan lomba yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Kontes ini terdiri dari tiga fase, yaitu Local Contest (tahap nasional) dan World Contest (fase internasional), dan Awarding.

Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang digagas oleh Toyota Group. TDCAC merupakan kegiatan global Toyota untuk mengajak anak-anak seluruh dunia khususnya di Indonesia, untuk berbagi ide mengenai transportasi masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

Program TDCAC yang sudah memasuki kali ke-10, bertujuan sebagai wadah generasi muda untuk meningkatkan bakat seni dan sekaligus apresiasi bagi karya dan ide tentang kendaraan masa depan.

Sejak diadakan kali pertama oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah empat kali berkontribusi di Toyota Dream Car Art Contest, yaitu pada 2008, 2011, 2012, dan 2015. Dari keempat ajang TDCAC tersebut, Indonesia selalu berhasil menorehkan prestasi yang baik.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen