GIIAS 2016: BMW Hadirkan Seri i8, Sports Car Berbahan Ramah Lingkungan

Ada yang spesial pada hari pertama GIIAS 2016 di booth BMW Indonesia. Adalah kehadiran The Most Progressive Sports Car di dunia, yaitu The BMW i8. Kendaraan ini merupakan model terbaru BMW pada kelas sportscar yang memiliki fokus masa depan dan pengembangan berkesinambungan. 

Mobil canggih ini menggabungkan system hybrid plug-in dengan kabin yang terbuat dari bahan carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dan kerangka aluminium untuk mesin dan motor listrik, baterai serta suspensinya.
Hasilnya adalah sebuah sportcar ringan, menawan dan sangat efisien yang menawarkan kombinasi performa dan efisiensi tiada tandingan. Sebuah visi yang telah menjadi nyata.

BMW i8 mampu mengakomodasi penumpang 2+2 dengan panjang 4.689 milimeter, lebar 1.921 milimeter dan tinggi 1.297 milimeter (termasuk roof fin), yang mana semuanya merupakan proporsi khas dari sebuah sportscar.

Karakter aerodinamisnya terlihat dari kap mesin panjang, dengan guratan yang terlihat jelas, garis atap yang membentang, overhang pendek dan jarak sumbu roda sepanjang 2.800 milimeter. Penegasan karakter sport dan efesiensi diwujudkan melalui desain jumlah penumpang 2+2 yang enerjik, yang merupakan desain khas BMW i Series.

BMW i8 mempunyai dimensi track yang lebar, 1.644 milimeter pada track depan, dan 1.721 milimeter untuk track roda belakang.  Ini sangart penting untuk menjaga keseimbangan saat handling.

Untuk proses pembuatan kendaraan, BMW mengolahnya dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP). Mobil ini menggabungkan konsep pelestarian lingkungan dan sumber daya dengan penggunaan energi terbarukan di setiap kondisi dan waktu yang memungkinkan.


Oleh karenanya, BMW Group memiliki kontrol atas keseluruhan proses, mulai dari proses produksi hingga daur ulang serat karbon dan komposit. Hal ini terlihat pada rantai produksi ultra modern CFRP, yang dimulai dari Moses Lake di Amerika Serikat, dan melewati Wackersdorf, Dingolfing dan Landshut, sampai manufaktur terakhir di Leipzig.

Desain dengan konsep masa depan juga mendominasi interior BMW i8 yang menonjolkan sisi aerodinamika dan bobot ringan dari sebuah sportscar. Pengendara, penumpang depan dan belakang duduk di posisi rendah –sebuah ciri khas dari sport car– dengan kursi berbobot ringan.

Panel instrumen hadir dengan garis datar untuk menegaskan lebarnya interior yang bestruktur “layering”, menciptakan kesan ringan serta kuat. Pendekatan perlapisan juga terlihat pada garis lekuk yang dinamis, termasuk pada desain konsol tengah, controller untuk sistem operasi iDrive, tombol start/stop, tombol eDrive dan tombol Driving Experience Control.

Interior BMW i8
Unit display dari sistem iDrive tersedia dengan layar bewarna 8,8 inci. BMW i8 juga memiliki roda kemudi yang sporty dengan tombol multifungsi dan Navigation System Professional dengan layar 10.25 inci.

Tak hanya itu, keseluruhan interior diselimuti dengan kulit yang disamak menggunakan ekstrak daun zaitun dan tekstil kualitas terbaik dari bahan PET yang mudah didaur ulang.

Wol murni, plastik biopolymer yang terbuat dari minyak buah jarak, juga digunakan untuk membuat kunci BMW i8. Berbagai metode inovatif telah diterapkan sebagai dasar penggunaan bahan-bahan alami dan daur ulang, serta pengolahan yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Bagi Anda pecinta mobil sport sekaligus pecinta lingkungan bisa segera meminang BMW i8 ini dengan banderol Rp 3,5 milyar (Off The Road).
Share on Google Plus

About Santoso Argo

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen