Toyota Supra Baru Kemungkinan Bermesin Lexus V6 Twin-Turbo

Toyota FT-1 Concept (Foto: Autoblog)

Rumor mengenai penerus Toyota Supra yang akan masuk jalur produksi banyak terdengar akhir-akhir ini. Toyota Motor Corp juga tak begitu keras menyangkal desas-desus bahwa mesin Lexus akan dicangkokkan ke dalam Supra terbaru nantinya, seperti dilaporkan Autoblog.

Kecuali jika Toyota ingin kembali menggunakan join teknologi BMW seperti proyek FT-1, maka kali ini mereka harus mendevelop mesin baru atau memakai mesin yang sudah ada. Dari sini isu tersebut berkembang bahwa mesin Lexus Twin-Turbo 3.0 V6 kemungkinan akan menjadi pilihan tunggal untuk menyuplai new Supra.
Lucunya, Lexus tidak mempunyai line-up mesin turbo 3.0 V6, selama ini yang beredar adalah Natural Aspirated (NA) 3.5 inline-6 atau turbo inline-6. Atau 3.5 V6 NA pada Lexus 350 GS. Apakah ini berarti Lexus akan memproduksi mesin baru untuk berbagi pakai di Lexus GS mendatang dan Toyota Supra 2017?

Mag-X, majalah otomotif dari Jepang adalah pihak pertama yang mencuatkan rumor ini dari sumber orang dalam Toyota. Bahkan menurut laporannya mereka sudah memberikan kode mesin, 934F. Mesin ini diperkirakan akan menghasilkan tenaga lebih dari 400 hp dan torsi diatas 440 Nm.

Dengan spek barunya ini, maka bisa bisa dipastikan akan menjadi potential rival bagi Nissan GT-R yang juga berevolusi dari inline-6 turbo ke V6 twin-turbo. Semoga saja new Supra nantinya juga dibekali penggerak 4WD seperti GT-R.

Sementara belum dikonfirmasi, rumor ini memang masuk akal untuk Lexus/Toyota. Hampir semua mobil mewah telah memiliki mesin inline-6 Turbo. Sementara Toyota belum pernah memproduksi mesin turbo V6 3.000 cc. Penurunan kapasitas dari 3.500 ke 3.000 cc ditengarai sebagai tren pabrikan dalam segi efisiensi dan emisi.
Share on Google Plus

About Senja Nilasari

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen