Honda Mobilio, LMPV Dengan Kenyamanan Setara Sedan

Saat kemunculannya tahun 2013, Honda Mobilio seakan hadir sebagai penghadang laju Toyota Avanza yang merajai kelas Low MPV. Padahal, saat itu, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Honda Prospect Motor hanya memamerkan prototipe Mobilio dengan bagian interior yang nyaris tak dapat diketahui oleh calon konsumennya. 


Meski begitu, dengan citra merek Honda yang begitu lekat dengan jaminan kualitas, Mobilio laku keras dipesan oleh banyak orang.
Sebuah manuver yang pintar dilakukan Honda di Indonesia dengan Mobilio. Sebelumnya kebiasaan orang Indonesia yang senang bepergian bersama keluarga, ditangkap oleh Toyota dengan menghadirkan Avanza sebagai penerus generasi Kijang yang telah naik kelas.

Dengan dimensi yang kompak, resep MPV 7-penumpang dengan harga yang terjangkau menjadi strategi jitu di pasar mobil Indonesia. Dan resep itulah yang disempurnakan oleh Honda melalui Mobilionya.

Berbeda dengan rivalnya, Honda mengembangkan Mobilio dengan berbasis hatchback mungilnya Brio.  Gebrakan pertama yang dilakukan oleh Honda adalah menampilkan Mobilio dengan sosok desain yang modern dan konstruksi MPV monokok yang menawarkan kenyamanan.

Buritan Mobilio
Jika rivalnya tampil tradisional, Mobilio menampilkan sosok yang sporty dengan beberapa sentuhan elegan di bagian eksteriornya. Bahkan beberapa media sempat menyebutkan jika konsep desain Mobilio sebagai yang terbaik di kelasnya. Hal ini bahkan mengantarkannya meraih gelar Best Low MPV of The Year 2015.

Di bagian dalamnya, interior Mobilio juga dirancang dengan kenyamanan layaknya sedan. Posisi mengemudi yang tepat menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkannya. Kabin Mobilio juga dirancang untuk menampilkan pandangan yang luas bagi pengemudi dan penumpangnya sehingga kabin terasa lapang.

Tempat duduk depan model semi-bucket dirancang ergonomis untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Di bagian dashboard juga menyuguhkan tombol-tombol yang ergonomis dan di bagian konsol tengah terdapat sistem hiburan yang lengkap.
Sebagai mobil 7-penumpang, akses memasuki bangku baris ketiga juga dimudahkan fitur one-touch tumble kepraktisan.

Menambah kenyamanan, di bagian struktur suspensi, Mobilio telah dibekali dengan suspensi depan MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Pengaturan suspensi ini diklaim mampu menghadirkan kelembutan peredaman saat berkendara, selain juga pengendalian yang baik saat bermanuver.

Dengan radius putar yang hanya 5,2 meter, Mobilio juga menjanjikan kemampuan lincah saat menjelajah kepadatan lalu-lintas kota. Terakhir, dengan menggendong mesin 1,5 liter berteknologi i-VTEC dipadu transmisi CVT, Mobilio tak hanya menjanjikan kekuatan mesin paling baik di kelasnya, namun juga efisiensi bahan bakar yang tinggi.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen