Ekspor Toyota Indonesia Berorientasi Global

Ekspor Toyota Indonesia
Produksi Toyota Kijang Innova di Karawang Plant 1

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merupakan perusahaan Toyota di Indonesia yang bergerak sebagai produsen mobil Toyota. Mereka aktif sebagai salah satu produsen kendaraan yang berorientasi global secara konsisten menjaga kinerja ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota.

Model-model Toyota yang diekspor keluar negeri oleh TMMIN adalah Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Yaris dan Vios. TMMIN memiliki beberapa fasilitas pabrik, yakni Plant 1, Karawang yang memiliki kapasitas produksi hingga 130.000 unit pertahun. Di pabrik ini, dua model Toyota yakni Kijang Innova dan Fortuner, dirakit. 
Plant 2, yang juga berlokasi di Karawang, melayani produksi sebanyak 120.000 unit. Pada pabrik ini, tiga model mobil kompak seperti Etios Valco, Vios, dan Yaris. 

Sedangkan pabrik ketiga seperti New Engine Plant yang juga berlokasi di Karawang memproduksi hanya unit mesin dengan kapasitas 216.000 mesin pertahunnya. Di Jakarta Utara, tepatnya di Sunter, juga terdapat dua fasilitas pabrik yang bertugas memproduksi komponen dan blok mesin.

Berikut adalah model-model mobil yang diproduksi TMMIN dan tujuan ekspor model tersebut.
  1. Kijang Innova. Kijang Innova yang diproduksi oleh TMMIN, diproduksi untuk Indonesia dan beberapa negara lain sebagai destinasi eskpor. Sejak tahun 2009 hingga 2015, produksi Innova di TMMIN merupakan mayoritas produk yang diekspor dibanding model lain. Negara destinasi ekspor Kijang Innova pun cukup banyak, Brunei Darussalam, Bermuda, Thailand, Barbados, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Bahrain, South Africa, St. Kitts, Bolivia, Aruba, dan Fuji.
  2. Fortuner. Negara yang menjadi tujuan ekspor Fortuner pun terbilang banyak, Kuwait, Oman, Qatar, Bahrain , U.A.E, Iraq  , Saudi Arabia, Colombia, Peru, Costa Rica, Guatemala, Nicaragua, Panama, Laos, Cambodja, N.Caledonia, Haiti, Panama, Elsalvador, Philippine, Srilanka, Trinidad, Lebanon, Libya, Yemen, Jordan, Bangladesh, P.N.G, Jamaica, ST.Kitts, ST.Vincent, Suriname, Guyana, G.Cayman, Belize.
  3. Etios Valco, Yaris, Vios. Etios Valco, Yaris, dan Vios, memiliki destinasi eskpor yang sama. Pasalnya peminat-peminat mobil ini biasanya berada di segmen yang sama. Hatchback bermesin 1.2 liter lansiran Toyota Indonesia, diekspor ke Australia, Afrika Selatan, Argentina, Brasil, Venezuela, Mesir, Pakistan, India, Kazakhstan, Vietnam, Thailan, Malaysia, China dan Jepang.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen