Forbes: Toyota Merek Mobil Paling Berharga di Dunia

Toyota C-HR

Setiap tahunnya, Forbes menerbitkan daftar merek paling berharga di dunia dari semua kategori industri mulai dari merek pakaian, makanan, teknologi, hingga otomotif. 

Posisi lima teratas diraih oleh merek non-mobil yang sebagian besar pasti akrab di telinga Anda, yakni berturut-turut Apple, Google, Microsoft, Coca-Cola dan Facebook. Lalu Toyota hadir di posisi keenam sebagai mobil merek dunia yang paling berharga tahun ini.

Most Valuable Brand
Most Valuable Brand List 2016 (forbes.com)
Naik dari posisi 8 di tahun 2015 lalu, pabrikan Jepang ini menjadi puncak merek mobil paling berharga di dunia dengan nilai merek sebesar US$ 42,1 miliar atau sekitar Rp 562,6 triliun. 

Penilaian ini ditentukan berdasarkan perhitungan rata-rata laba selama tiga tahun terakhir. Data-data tersebut didapat dari laporan masing-masing perusahaan dan dari lembaga penelitian Wall Street. 

Dari 2.000 merek global yang dinilai, lalu dilakukan eliminasi berdasarkan eksistensi merek tersebut di Amerika Serikat. Maka terpilihlah 100 merek terbaik sebagai hasil akhir. 

Berdasarkan hasil yang didapat, secara otomatis Toyota berhasil mengalahkan kompetitor diantaranya:

Ranking
Merek
Nilai Merek
14
BMW
US$ 28,8 miliar
20
Mercedes-Benz
US$ 26 miliar
23
Honda
US$ 25,2 miliar
35
Ford
US$ 14,1 miliar
36
Audi
US$ 14 miliar
59
Chevrolet
US$ 9,8 miliar
63
Lexus
US$ 9 miliar
67
Porsche
US$ 8,3 miliar
70
Nissan
US$ 8,2 miliar
71
Hyundai
US$ 8,1miliar
77
Volkswagen
US$ 7,6 miliar

Tahun depan, merek mobil apa yang menurut Anda akan menjadi juaranya?
Share on Google Plus

About Meutia Ahri

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen