Menelisik Mesin Baru Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport

Setelah bentuk desain bodi, faktor kedua pembeli SUV adalah sektor mesin.

Menarik untuk memperhatikan bagaimana kiprah Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru bersaing di pasaran. Keduanya adalah SUV dengan kapasitas 7-seater bermesin diesel baru yang canggih, memiliki platform baru, dan tentunya mengusung berbagai pembaharuan yang signifikan, baik dari segi desain maupun  teknis.

Sisi teknis, utamanya mesin, selalu menjadi perhatian dari calon pembeli, setelah tertarik dengan bentuknya. Harus diakui, dari sisi desain baik Fortuner maupun Pajero Sport mengalami peningkatan yang signifikan. Namun yang lebih menarik justru apa yang ada di balik kap mesin kedua mobil ini.

Seperti dikatakan tadi, selain platform yang benar-benar baru, baik Fortuner maupun Pajero Sport dibekali mesin anyar. Keduanya memiliki mesin 4-silinder turbodiesel yang memiliki torsi badak. Fortuner dibekali mesin 2GD terbaru berkapasitas 2.393 cc DOHC. Tenaganya memang lebih kecil dari versi bensin (149 vs 163 ps), namun torsinya luar biasa yaitu 400 Nm pada putaran mesin 1.600 hingga 2.000 rpm.

Dari kubu Mitsubishi, Pajero Sport dibekali dua mesin yang berbeda. Pertama, untuk varian Dakar, baik berpenggerak 4x4 ataupun 4x2, dibekali mesin baru yaitu 4N15. Sedangkan varian Exceed dan GLX, Mitsubishi membekalinya dengan mesin lama (4D56). Tentu yang akan dibahas adalah mesin baru 4N15.

Toyota Fortuner 2016

Inilah mesin diesel Mitsubishi pertama yang dibekali teknologi MIVEC untuk mengatur waktu pembakaran. Kapasitas mesinnya juga lebih besar dibanding Fortuner dengan 2,442 cc, namun lebih kecil dari mesin lama 4D56. Meski lebih kecil dari jantung mekanis sebelumnya, namun tenaga Pajero Sport Dakar lebih besar (181 vs 136 PS).

Bahkan dibandingkan dengan Fortuner pun, mesin ini memiliki tenaga yang lebih besar. Selain itu, angka torsi 430 Nm juga lebih besar dari rival sejatinya itu, meski untuk mencapainya, perlu putaran mesin yang lebih tinggi yaitu 2.300 rpm.

Mitsubishi Pajero Sport 2016
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen