BMW 750d xDrive Bermesin Diesel dengan Empat Turbo

Harga BMW 750d Xdrive
BMW 750d Xdrive

BMW tak pernah berhenti berinovasi, mereka telah mengembangkan mesin diesel dengan turbocharger berjumlah empat buah. Mesin QuadTurbocharger, akan dijejalkan pada kap BMW 750d xDrive.

Dengan kapasitas 3.0 Liter Common-Rail Diesel Injection enam silinder empat Turbocharger, sanggup mengeluarkan tenaga sampai 395 hp dengan torsi 760 Nm. Bahkan angka torsinya ini melebihi Ferrari F12berlinetta!


Menurut BMW yang dikutip oleh Carscoops, torsi di putaran awal hanya 450 Nm di rentang 1000 rpm. Sedangkan torsi 760 Nm akan terasa di putaran 2000-3000 rpm. Torsi melimpah di putaran bawah ini membuat 750d terasa menghentak saat berakselerasi.

Konstruksi Diesel QuadTurbocharger ini terdiri dari dua turbo bertekanan rendah dan dua turbo bertekanan tinggi. Cara kerjanya pun hampir sama dengan mesin diesel dengan tiga turbo. Tetapi, tambahan turbo satu lagi membuat, kerja turbo untuk putaran bawah lebih optimal.

spesifikasi bmw 750d xdrive
Mesin BMW 750d Xdrive
Namun, bukan turbo saja diupgrade, untuk injector pun mereka menaikkan kompresinya menjadi 36.000 psi. Selain itu, saluran pembuangan diperbaiki dengan tambahan NOX Storage Catalytic Converter, Diesel Particulate Filter dan Selective Catalytic Reduction (SCR). Tak lupa, dikawinkan dengan transmisi otomatik delapan percepatan dan penggerak All-Wheel Drive.

Selain BMW 750d xDrive, kabarnya seri X7 juga menggunakan mesin diesel berkode B57 ini. Sayangnya mesin diesel seperti ini tidak bakal masuk ke Indonesia. Karena, BBM solar di Tanah Air belum memenuhi standar Euro yang ditetapkan BMW.
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen