Performa Dan Handling Toyota All New Kijang Innova 2016: V MT Bensin vs Q AT Diesel

top speed innova reborn
Test akselerasi All New Kijang Innova Diesel 2.4 Q AT 2016

Peredaman mobil patut diacungi jempol karena walaupun bermesin diesel suara mesin samar-samar masuk ke dalam kabin. Begitu juga peredaman dari luar. Kebisingan suara motor dan mobil yang lalu-lalang teredam sangat baik di dalam kabin.

Anda bisa merasakan bahwa mobil ini cukup tenang bila ingin menikmati perjalanan yang hening dan tidak berisik.

Setelah kami tes, suspensinya terasa jauh lebih empuk dibandingkan Innova generasi sebelumnya. Kalau Anda melalui jalanan rusak dengan kecepatan rendah maka terasa suspensinya lembut sekali. Tapi efeknya yang terlalu lembut kurang menyenangkan bila melaju di jalan tol atau pada saat menikung kecepatan agak tinggi, pengendaliannya kurang gesit daripada Innova sebelumnya.

Mobil terasa sedikit melayang dan gerakan setir juga tidak presisi. Mungkin karena mobil ini lebih berat sekitar 200 kg dibandingkan Innova sebelumnya.

Karakternya empuk tapi bantingan suspensinya tidak bisa rigid, itu adalah ciri khas ladder frame. Berbeda dengan sasis monokok yang memang menyatu dengan bodi.

Diesel 2.4 Q Automatic
Toyota memasukkan unit diesel terbaru mereka berkode 2GD  dengan tenaga 149 hp dan torsi 34,9 kgm yang akan membuat mesin diesel di Kijang Innova generasi sebelumnya terasa seperti ketinggalan 2 atau 3 generasi.

top speed innova diesel

Mesin ini juga hadir di Fortuner terbaru. Boleh dibilang mesin ini memang sangat bertenaga, jauh dibandingkan sebelumnya yang hanya 104 hp.

Sejak putaran bawah baik di Mode Normal maupun Mode Eco, sudah begitu terasa mobil ini effortless alias tidak perlu usaha yang sangat berat untuk berakselerasi. Torsi besarnya tersedia di setiap putaran. Apalagi di Power Mode lebih menyenangkan lagi karena putaran mesin dibuat lebih tinggi dan lebih responsif tenaganya.

Hasil tes akselerasi dengan GPS, 0-100 km/h ditempuh dalam 12,5 detik (Tipe Q A/T Diesel), artinya mobil ini juga tidak jauh lebih cepat daripada Toyota Avanza Veloz.

Dan dia juga bukan yang paling superior diantara rival-rivalnya seperti Nissan Serena, Toyota Nav1 atau Mazda Biante. Itu dikarenakan perpindahan giginya setelah 4000 rpm, sedangkan diatas 3000 rpm terlihat mobil ini tenaganya sudah kedodoran.

Kurva torsinya juga sudah menurun bila diatas 3000 rpm. Jadi mobil ini kuat tenaga di putaran bawah, tapi tenaganya agak kosong diputaran atas.

Meski akselerasi tidak terlalu cepat tapi top speednya luar biasa. Untuk mencapai 170 km/h mobil ini tidak ada masalah sama sekali dan itu juga cukup mudah untuk didapatkan.


Bensin 2.0 V Manual
Karena ini menggunakan mesin bensin jadi dengan peredaman yang sama, suara yang masuk ke dalam kabin memang lebih hening dan getarannya juga lebih halus.

top speed innova bensin

Mesin bensin yang digunakan oleh All New Kijang Innova sama persis dengan generasi sebelumnya tapi diberikan teknologi Dual VVT-i di katup variabel-nya, ini membuat lebih efisien dan menghasilkan kenaikan 3 horsepower. Toyota mengklaim bahwa bukan hanya tenaga yang naik tapi juga efisiensinya yang lebih baik.

Akselerasi mesin bensin 0-100 km/h mencatat waktu terbaik 13,1 detik. Lebih pelan dari diesel yang mencatat 12,5 detik. Itupun harus mencapai mencapai red line 6000 rpm untuk berpindah gigi. Diesel cukup pada rpm 3000.

Yang cukup mencenggangkan, top speednya juga jauh dibawah yang diesel. Sementara diesel sangat mudah mencapai 180km/h, mobil ini menyentuh 140 km/h saja sudah terasa berat. Apalagi ketika di jalan tol mau menyalip Anda harus menjaga putaran mesin yang sangat tinggi baru terasa tenaganya keluar.

Sebelumnya: Desain Interior
Selanjutnya: Konsumsi Bahan Bakar



Sponsor - Pilih Diler Sesuai Kota
Alor - NTT 
Balaraja - Tangerang 
Balikpapan 
Bandung 
Banjarmasin 
Banten
Batulicin 
Bekasi 
Berau 
Blitar 
Bogor
Bojonegoro 
Bontang 
Bulungan 
Cibinong 
Cibubur 
Cikarang 
Cikampek
Cikupa 
Cilacap
Ciledug
Cileungsi 
Cimanggis
Cipondoh
Cirebon 
Citeureup
Depok
Dumai
Duri
Gombong
Handil 
Hargeulis 
Indramayu
Jakarta Barat
Jakarta Selatan
Jogja
Jombang 
Karawaci
Karawang
Kediri 
Kotabangun
Kotabaru
Kudus 
Kupang
Kutai 
Lamongan
Lumajang 
Madiun 
Magelang
Malang 
Malinau
Melak
Mojokerto 
Nganjuk
Nunukan
Pare
Parung Bogor 
Paser
Pamanukan
Pasuruan 
Pasar Kemis - Banten
Pati 
Pekalongan 
Penajam
Probolinggo
Pulau Sabu - NTT 
Purbalingga
Purwakarta 
Purwodadi 
Purwokerto
Rote Ndao - NTT 
Salatiga 
Samarinda
Samboja 
Sanggata 
Semarang 
Semarang (Kabupaten) 
Serang 
Singkawang
Sintang 
Solo 
Sragen
Subang 
Sukabumi
Sungai Danau 
Surabaya 
Surakarta
Tanah Grogot 
Tangerang
Tangerang Selatan
Tarakan 
Tenggarong
Tegal 
Trenggalek 
Tuban 
Tulungagung
Yogyakarta
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen