Honda All New Civic Turbo, Identitas Baru Setelah 44 Tahun

Perkenalan Civic bermesin Turbo di ajang IIMS 2016

Setelah malang melintang selama  44 tahun di kelas sedan, kali ini Honda Civic mendapatkan perubahan cukup signifikan. Tak lain, All New Civic generasi ke-10 merupakan identitas terbaru sekaligus mengukuhkan diri sebagai sedan sport Honda.

Mengapa disebut sedan sport?  Ada beberapa hal yang mendukung  seperti mesin dengan teknologi earthdreams, bodi berkesan tajam dan tambahan spoiler kecil menambah aerodinamika seakan melegitimasi mobil ini untuk berlari kencang.



Tak seperti rival abadinya, Toyota Corolla pun masih memegang teguh kesan elegan dan terlalu bapak-bapak. Tidak untuk Civic sekarang, karena ditujukan bagi anak muda penuh adrenalin dan berjiwa eksekutif.

Lalu, apa saja yang diubah oleh Honda terhadap Civic baru ini?

Eksterior


Bagian depan terutama headlamp sebenarnya masih mengadopsi generasi terakhir. Namun, aplikasi LED sebagai penerangan utama membuat visibilitas semakin baik. Sedangkan grill tampak maju, bukan semata salah desain melainkan keselamatan pejalan kaki.


Buritannya benar-benar terlihat futuristik. Dengan lampu rem terlihat melayang dan jika diperhatikan seksama, akan terlihat lebih macho bukan? Apalagi penggunaan LED sangat dominan disini. Selain itu, spoiler menyatu dengan bodi. Ini membuat aerodinamika lebih baik sehingga Civic lebih kencang dan irit.

Interior


Sepertinya Honda mengucapkan selamat tinggal pada meter cluster bertingkat, karena dirasa cukup aneh dan mengganggu. Maka, mereka menggabungkannya dasbor dual layer dalam satu meter cluster dengan LCD. Karena semua informasi baik konsumsi, jarak tempuh dan beberapa fitur sudah tersedia dan tak perlu menengok atas-bawah. Ini membuat konsentrasi lebih terfokus pada satu hal.



Dasbor berwarna hitam memberikan kesan elegan. Selain itu, jok kulit menambah kemewahan. Dan sistem hiburannya sendiri mengalami peningkatan. Meskipun, tidak mengadopsi OS seperti Android maupun iOS.

Mesin


Memang Honda patut diacungi jempol dengan keberaniannya memakai mesin earthdreams. Karena mesin ini dikenal memiliki tingkat kompresi 10,6:1. Untuk bahan bakarnya pun, harus memakai oktan tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus. Tak heran tenaga yang dihasilkan pun mampu mencapai 170 hp.

Mungkin saja, Honda semakin ingin mengambil hati konsumen Corolla di Indonesia yang masih mengandalkan teknologi dual VVT-i tanpa turbo
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen